Robot Optimus 2 Punya Jemari Lentur yang Mampu Mencengkram Telur

Kamis, 14 Desember 2023 - 07:03 WIB
loading...
Robot Optimus 2 Punya Jemari Lentur yang Mampu Mencengkram Telur
Tesla terus menyempurnakan robot humanoid Optimus dengan menghadirkan generasi kedua yang lebih baik. Foto/Tesla/Daily Mail
A A A
TEXAS - Tesla terus menyempurnakan robot humanoid Optimus dengan menghadirkan generasi kedua yang lebih baik. Robot humanoid Optimus Generasi 2 mempunyai jemari lentur yang mampu memegang telur dengan baik.

Dalam klip video yang dirilis Tesla memamerkan kemampuan robot humanoid Optimus seharga USD22.000 atau Rp338 juta merebus telur. Robot Optimus 2 yang menggenakan setelan mirip jas menunjukkan kemampuan cengkeraman yang halus saat memegang dan memindahkan telur seperti koki sungguhan.

Dalam video klip terbaru, mesin setinggi hampir 6 kaki atau 1,8 meter itu dengan hati-hati mengangkatnya telur. Memindahkan ke tangan lainnya dan meletakkannya tanpa merusak kulit terluarnya.



Video demonstrasi tersebut juga memperlihatkan Optimus melenturkan jari-jarinya, melakukan squat, dan berjalan melintasi ruangan. Gerakan itu merupakan aktivitas yang diperlukan untuk menggantikan peran manusia di tempat kerja.

Insinyur pembuat robot Optimus Milan Kovac menyebut Optimus II sebagai robot humanoid dan memiliki kemampuan jauh lebih baik dan tangguh dibandingkan robot sebelumnya. Tangannya dilaporkan memiliki 11 derajat kebebasan lebih dengan aktuator dan sensor rancangan Tesla.
Robot Optimus 2 Punya Jemari Lentur yang Mampu Mencengkram Telur


“Desain ini memungkinkan bot menjadi lebih halus dan lembut saat mengambil barang,” katanya dikutip SINDOnews dari laman Daily Mail, Kamis (14/12/2023).

Video tersebut juga mengatakan Optimus Gen 2 memiliki peningkatan keseimbangan dan kontrol seluruh tubuh dan penginderaan sentuhan pada semua jari. Staf senior insinyur perangkat lunak Tesla, Julian Ibarz, menegaskan kemampuan robot humanoid Optimus 2 nyata bukan hasil editan video.



“Semua yang ada di video ini nyata, tanpa CGI. Semua real-time, tidak ada yang dipercepat. Peningkatan perangkat keras yang luar biasa dari tim,” ujarnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2392 seconds (0.1#10.140)