Kerusakan Gyro Diatasi, Teleskop Luar Angkasa Paling Produktif di Dunia Kembali Beraksi

Kamis, 14 Desember 2023 - 10:32 WIB
Meskipun teleskop terhenti ketika salah satu gyro-nya menjadi miring, masih banyak kehidupan yang tersisa. Hubble dapat beroperasi dengan satu gyro jika diperlukan. Hal ini akan berdampak pada pekerjaannya namun tidak akan mengakhirinya.

Meski teleskop kembali beroperasi, namun belum beroperasi penuh. Wide Field Camera 3 dan Advanced Camera for Surveys melanjutkan pengamatan sains pada hari Jumat tanggal 8 Desember.

Namun Spektrograf Asal Kosmik dan Spektrograf Pencitraan Teleskop Luar Angkasa masih offline. Tim Hubble berharap mereka bisa bekerja pada bulan Desember nanti.

Ketika operasi sains dihentikan, hal ini berdampak pada jadwal teleskop. Ada observasi terjadwal yang mendukung penelitian Objek Sabuk Kuiper, kandungan logam di satelit Galaksi Andromeda, supernova Tipe 1A, dan topik lainnya.

Dengan terselesaikannya masalah ini, semoga sebagian pekerjaan ini dapat dilanjutkan. Teleskop luar angkasa Hubble telah beroperasi selama lebih dari 30 tahun. Kemampuannya memberi kontribusi besar pada ilmu astronomi dan astrofisika.