Teleskop Hubble Rekam Penampakan Galaksi Raksasa dengan Cangkang Misterius

Rabu, 25 Mei 2022 - 20:33 WIB
loading...
Teleskop Hubble Rekam Penampakan Galaksi Raksasa dengan Cangkang Misterius
Teleskop Luar Angkasa Hubble mencitrakan galaksi elips NGC 474, yang terletak sekitar 100 juta tahun cahaya dari Bumi dan berukuran 2,5 kali lebih besar dari Bima Sakti. Foto/NASA/ESA/Liverpool John Moores University/Catholic University of America
FLORIDA - Teleskop Luar Angkasa Hubble merekam penampakan galaksi raksasa berukuran dari dua kali lebih besar dari Bima Sakti. Galaksi elips, yang dikenal sebagai NGC 474, terletak sekitar 100 juta tahun cahaya dari Bumi.

Teleskop Hubble menangkap pandangan dari dekat wilayah pusat galaksi, mengungkapkan ukurannya yang sangat besar. Diperkirakan ukurannya sekitar 250.000 tahun cahaya, sehingga NGC 474 berukuran 2,5 kali lebih besar dari galaksi kita, Bima Sakti.

Menurut NASA, keunikan galaksi NGC 474 bukan hanya soal ukurannya yang besar, namun ada serangkaian cangkang berlapis kompleks yang mengelilingi inti bolanya. Meskipun sumber cangkang ini tidak diketahui, mereka mungkin merupakan hasil dari penggabungan galaksi di mana NGC 474 menyerap satu atau lebih galaksi yang lebih kecil.

Baca juga; Teleskop Hubble Merekam Gambar Dua Galaksi yang Bertabrakan



Selama penggabungan galaksi, galaksi yang diserap dapat menciptakan gelombang, membentuk cangkang berlapis yang diamati di NGC 474. Proses ini mirip dengan bagaimana kerikil yang dijatuhkan di air sehingga menciptakan riak di permukaan.

“Sekitar 10% galaksi elips memiliki struktur cangkang, tetapi tidak seperti mayoritas galaksi elips, yang terkait dengan gugus galaksi. Elips bercangkang biasanya terletak di ruang yang relatif kosong. Mungkin mereka telah mengkanibal (galaksi) tetangga mereka,” kata pejabat NASA dalam pernyataannya dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Rabu (25/5/2022).

Gambar baru NGC 474 diambil menggunakan Advanced Camera for Surveys Hubble pada 18 Mei 2022. Para peneliti juga menggunakan data dari Hubble's Wide Field and Planetary Camera 2 dan Wide Field Camera 3 untuk mendapatkan pandangan yang komprehensif dari galaksi besar tersebut.

Baca juga; Ilmuwan Temukan Galaksi Terjauh di Alam Semesta, Ini Penampakannya
(wib)
KOMENTAR ANDA