Cari Keberadaan Alien di Bumi, SETI Korek Informasi dari Paus Bungkuk

Kamis, 14 Desember 2023 - 12:19 WIB
Cari Keberadaan Alien di Bumi, SETI Korek Informasi dari Paus Bungkuk
Demi mencari Alien, SETI ajak ngobrol Paus Bungkuk. IFL SCINECE
LONDON - Pencarian alien oleh SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence) telah berlangsung selama beberapa dekade, tetapi belum ada tanda-tanda kehidupan cerdas di luar Bumi.

BACA JUGA - Badan Antariksa China Temukan Kehidupan Alien

Hal ini membuat para peneliti SETI mulai mencari cara lain untuk menemukan alien, salah satunya dengan mempelajari komunikasi hewan di Bumi.

Paus bungkuk adalah salah satu hewan yang paling vokal di dunia. Mereka memiliki kemampuan untuk menghasilkan berbagai macam suara, termasuk suara yang terdengar seperti musik.

Para peneliti SETI percaya bahwa suara-suara ini mungkin merupakan cara bagi paus bungkuk untuk berkomunikasi satu sama lain, dan bahkan mungkin untuk berkomunikasi dengan spesies lain.

Pada tahun 2023, SETI meluncurkan proyek baru yang disebut "Project Cetacean". Proyek ini bertujuan untuk mempelajari komunikasi paus bungkuk dengan menggunakan teknologi AI. Para peneliti berharap bahwa AI dapat membantu mereka untuk memahami makna suara-suara paus bungkuk, dan bahkan mungkin untuk berkomunikasi dengan mereka.

Proyek Cetacean masih dalam tahap awal, tetapi para peneliti telah membuat beberapa kemajuan. Mereka telah berhasil mengidentifikasi beberapa pola dalam suara paus bungkuk, dan mereka percaya bahwa pola-pola ini mungkin memiliki makna tertentu.

Salah satu pola yang paling menarik adalah pola yang disebut "song". Song adalah serangkaian suara yang kompleks yang dinyanyikan oleh paus bungkuk jantan. Para peneliti percaya bahwa song mungkin merupakan cara bagi paus bungkuk jantan untuk menarik perhatian betina.

Proyek Cetacean memiliki potensi untuk mengubah cara kita berpikir tentang alien. Jika para peneliti berhasil berkomunikasi dengan paus bungkuk, ini akan menunjukkan bahwa komunikasi antar spesies mungkin lebih mungkin terjadi daripada yang kita pikirkan.

Berikut adalah beberapa manfaat mempelajari komunikasi paus bungkuk bagi SETI:

Dapat memberikan wawasan tentang cara alien berkomunikasi. Jika para peneliti dapat memahami cara paus bungkuk berkomunikasi, mereka dapat menggunakan pengetahuan ini untuk mengembangkan metode baru untuk mencari alien.

Dapat membantu para peneliti untuk mengidentifikasi tanda-tanda kehidupan cerdas di luar Bumi. Jika para peneliti dapat menemukan pola komunikasi yang kompleks di luar Bumi, ini dapat menjadi tanda-tanda bahwa kehidupan cerdas ada di sana.

Dapat meningkatkan pemahaman kita tentang alam semesta. Komunikasi adalah salah satu aspek penting dari kehidupan, dan mempelajari komunikasi paus bungkuk dapat memberikan wawasan baru tentang alam semesta dan tempat kita di dalamnya.

Proyek Cetacean masih dalam tahap awal, tetapi memiliki potensi untuk menjadi salah satu proyek SETI paling penting dalam sejarah.