Spesifikasi Jet Tempur KAAN Turki, Calon Pengganti F-16?

Sabtu, 16 Desember 2023 - 15:09 WIB
loading...
Spesifikasi Jet Tempur KAAN Turki, Calon Pengganti F-16?
Spesifikasi jet tempur KAAN Turki penting dipahami, karena jet tersebut bersaing dengan F-16. Foto: ist
A A A
TURKI - Spesifikasi jet tempur KAAN Turki menarik dipahami. Sebab, Turki memiliki ambisi besar dalam bidang industri pertahanan dan dirgantara. Negara yang berada di perbatasan antara Eropa dan Asia itu ingin bisa mandiri dalam hal pemenuhan kebutuhan alutsista (alat utama sistem senjata).

Salah satu proyek yang sedang dikembangkan oleh Turki adalah jet tempur generasi kelima yang diberi nama KAAN. KAAN adalah singkatan dari Kavgaç Avcı Anadolu, yang berarti “Pertempuran Pemburu Anatolia”.

Nama ini menggambarkan karakteristik jet tempur ini yang dirancang untuk memiliki kemampuan siluman, manuverabilitas, kecepatan, dan daya tembak tinggi.

KAAN juga merupakan nama laki-laki yang sangat populer di Turki dan Asia Tengah, yang memiliki banyak arti yang mengarah ke kekuatan, seperti “Raja segala Raja”, “Yang Berdaulat”, atau “Prajurit bumi dan langit yang gigih”.

Spesifikasi Jet Tempur KAAN
Spesifikasi Jet Tempur KAAN Turki, Calon Pengganti F-16?

KAAN merupakan program jet tempur generasi kelima Turki yang sebelumnya disebut TF-X atau Turkish Fighter Experimental. Program ini telah dimulai sejak 2016 oleh Turkish Aerospace Industries (TAI), perusahaan BUMN yang bergerak di bidang penerbangan dan pertahanan.

TAI bekerja sama dengan beberapa mitra strategis, seperti BAE Systems dari Inggris, General Electric dari Amerika Serikat, dan Aselsan dari Turki sendiri.

Jet tempur KAAN diharapkan bisa menjadi pengganti dari jet tempur F-16 yang saat ini menjadi andalan Angkatan Udara Turki. F-16 merupakan jet tempur generasi keempat yang sudah mulai usang dan rentan terdeteksi oleh radar musuh.

KAAN akan memiliki teknologi yang lebih canggih dan modern, yang sesuai dengan standar NATO dan persyaratan operasional Turki.

Berikut adalah beberapa spesifikasi jet tempur KAAN yang telah diumumkan oleh TAI:
Spesifikasi Jet Tempur KAAN Turki, Calon Pengganti F-16?

- Berat lepas landas maksimum: 27.200 kg.
- Panjang: 19 meter.
- Lebar sayap: 12 meter.
- Tinggi: 4,8 meter.
- Kecepatan maksimum: Mach 2 (2.470 km/jam).
- Jangkauan: 1.111 km.
- Ketinggian maksimum: 16.764 meter.
Spesifikasi Jet Tempur KAAN Turki, Calon Pengganti F-16?

- Mesin: Dua buah General Electric GE F110, yang masing-masing dapat menghasilkan daya dorong 29.000 pound (13.000 kg).
- Persenjataan: Satu meriam 20 mm, delapan titik gantung untuk rudal udara-ke-udara, rudal udara-ke-darat, bom, dan pod.
- Radar: Radar AESA (Active Electronically Scanned Array) yang dapat melacak dan menargetkan beberapa objek secara simultan.
- Avionik: Sistem komputer misi, sistem navigasi inersia, sistem penginderaan inframerah, sistem peringatan radar, sistem pengacau elektronik, sistem komunikasi data, dan sistem kontrol penerbangan.
- Kokpit: Kokpit digital dengan layar sentuh, head-up display, dan helm dengan sistem penargetan.
- Fitur siluman: Bentuk badan pesawat yang mengurangi refleksi radar, bahan komposit yang menyerap gelombang radar, sistem pendingin mesin yang mengurangi jejak panas, dan sistem manajemen emisi elektromagnetik yang mengurangi jejak radio.


- Jet tempur KAAN masih dalam tahap pengembangan dan pengujian. TAI berencana untuk melakukan penerbangan perdana jet tempur ini pada 29 Oktober 2023, bertepatan dengan peringatan 100 tahun Republik Turki. TAI juga berharap bisa mengirimkan jet tempur ini ke Komando Angkatan Udara Turki pada 2028, dan memproduksi sekitar 250 unit jet tempur ini untuk kebutuhan dalam dan luar negeri.

Jet tempur KAAN merupakan salah satu bukti kemajuan dan kemandirian Turki dalam bidang industri pertahanan dan dirgantara. Jet tempur ini juga akan menjadi pesaing bagi jet tempur generasi kelima lainnya, seperti F-22 dan F-35 dari Amerika Serikat, J-20 dan J-31 dari China, Su-57 dari Rusia, dan KF-21 dariKoreaSelatan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2169 seconds (0.1#10.140)