Fenomena Langit Terbakar Terjadi di Essex dan London

Minggu, 17 Desember 2023 - 06:42 WIB
loading...
Fenomena Langit Terbakar Terjadi di Essex dan London
Warga Essex dan London terpesona melihat matahari terbit berwarna merah cerah pada hari Minggu, 16 Desember 2023. . FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Warga Essex dan London terpesona melihat matahari terbit berwarna merah cerah kemarin pagi. Fenomena alam ini terjadi akibat kondisi atmosfer yang tidak stabil.

BACA JUGA -Deretan Fenomena Alam yang Berbahaya

Gambar yang diambil di Essex menunjukkan langit pada awal hari berwarna merah, sementara penduduk setempat mengatakan langit tampak seperti terbakar.

Fenomena ini terjadi setelah hujan lebat melanda seluruh Inggris baru-baru ini yang menyebabkan 127 peringatan banjir dikeluarkan. Namun pemandangan di kedua wilayah tersebut berbeda dengan perkiraan cuaca.

Udara di Essex dan London masih dingin dan lembap. Kondisi ini menyebabkan uap air di udara terkondensasi menjadi awan. Awan-awan ini kemudian memantulkan cahaya matahari ke segala arah, sehingga warna matahari tampak merah.

Juru bicara Kantor Meteorologi Inggris menginformasikan bahwa fenomena langit merah bisa menjadi lebih 'nyala' ketika debu dan partikel kecil terperangkap di atmosfer akibat tekanan tinggi.

“Lebih banyak cahaya biru yang tersebar dan hanya menyisakan cahaya merah untuk mewarnai langit. Ini menjelaskan mengapa debu atau api Sahara menyebabkan matahari terbenam menjadi lebih merah,” ujarnya seperti dilansir dari Daily Mail, Minggu (17/12/2023).

Namun fenomena langit merah lebih mungkin terjadi karena adanya awan tinggi yang bergerak dari arah barat, sehingga menandakan akan terjadi perubahan cuaca.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)