Gunakan 5 Helai Rambut, Ilmuwan Berhasil Ungkap Kematian Beethoven

Senin, 18 Desember 2023 - 09:51 WIB
loading...
Gunakan 5 Helai Rambut, Ilmuwan Berhasil Ungkap Kematian Beethoven
Ilmuwan Berhasil Ungkap Kematian Beethoven. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
PARIS - Kematian komposer legendaris Ludwig van Beethoven telah menjadi misteri selama dua abad lamanya. Beethoven meninggal dunia pada usia 56 tahun pada tanggal 26 Maret 1827, setelah menderita sakit selama beberapa tahun terakhir hidupnya.



Pada saat kematiannya, dokter yang melakukan otopsi pada jenazah Beethoven tidak dapat menentukan dengan pasti penyebab kematiannya.

Seperti dilansir dari Live Science, otopsi tersebut menemukan bahwa Beethoven memiliki jaringan hati yang terluka parah, juga dikenal sebagai sirosis.

Namun, dokter tidak dapat menentukan apakah sirosis tersebut disebabkan oleh penyakit lain, atau apakah itu adalah penyebab kematiannya.

Pada tahun 2023, sebuah tim peneliti dari Universitas Ludwig Maximilian di Munich, Jerman, melakukan penelitian terhadap lima helai rambut Beethoven yang disimpan di Museum Beethoven di Bonn, Jerman. Penelitian ini menggunakan metode analisis DNA untuk mempelajari kesehatan Beethoven.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Beethoven menderita hepatitis B, sebuah penyakit yang dapat menyebabkan sirosis. Hepatitis B dapat ditularkan melalui kontak dengan darah atau cairan tubuh yang terinfeksi.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa hepatitis B adalah penyebab kematian Beethoven. Hepatitis B menyebabkan peradangan hati yang dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Pada kasus Beethoven, kerusakan tersebut diduga menyebabkan sirosis, yang pada akhirnya menyebabkan kematiannya.

Penemuan ini merupakan jawaban atas misteri kematian Beethoven yang telah berlangsung selama dua abad lamanya. Penemuan ini juga menunjukkan bahwa penyakit hepatitis B dapat memiliki konsekuensi yang serius, bahkan pada orang yang sehat.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4026 seconds (0.1#10.140)