Spesifikasi Sniper Ghoul, Senjata Berbahaya Buatan Brigade Al Qassam

Selasa, 26 Desember 2023 - 07:10 WIB
loading...
Spesifikasi Sniper Ghoul, Senjata Berbahaya Buatan Brigade Al Qassam
Sniper Ghoul buatan Brigade Al Qassam yang ditakuti oleh tentara Israel. Foto: Defence Asia
A A A
PALESTINA - Sniper Ghoul adalah senjata berbahaya yang diklaim buatan Brigade Al Qassam , pasukan sayap kanan Hamas yang sangat ditakuti oleh Israel.

Pada Rabu (20/12) silam, Brigade Al Qassam merilis video tentang proses produksi senapan sniper anti-material "Ghoul". Termasuk senjata api kecil hingga roket altileri jarak jauh. Rekaman tersebut membuat internet heboh.

Sebab, sebelumnya, media barat banyak yang menyangsikan bahwa sniper Ghoul bukan milik Hamas dan Hamas tidak memiliki kemampuan untuk memproduksi senjatanya sendiri. Sniper Ghoul acap dibandingkan dengan senapan sniper anti-material Steyr HS.50 buatan Austria.

Hal tersebut sekaligus pertama kalinya Brigade Al Qassam mengungkap secara rinci proses produksi sniper Ghoul, yang diberinama dari Adnan Al Ghoul, pejabat senior al Qassam yang dibunuh Israel pada 2004.

Keunggulan Sniper Ghoul bagi Brigade Ezzeddin al-Qassam:
Spesifikasi Sniper Ghoul, Senjata Berbahaya Buatan Brigade Al Qassam

1. Harga produksi relatif murah: Dibanding senapan sniper kelas atas buatan Barat yang harganya bisa mencapai ratusan ribu dolar, diperkirakan biaya produksi Ghoul lebih terjangkau. Hal ini penting bagi Hamas yang terbatas akses teknologi dan sumber daya.

2. Independensi produksi: Produksi Ghoul dilakukan secara lokal oleh Hamas, mengurangi ketergantungan mereka pada impor senjata dari negara lain. Ini meningkatkan kemandirian dan mengurangi risiko embargo senjata.

3. Simbol perlawanan: Penggunaan senjata buatan sendiri sering dijadikan simbol perlawanan dan kemandirian oleh kelompok-kelompok militan. Ghoul dapat berfungsi sebagai simbol tekad dan kemampuan Hamas dalam menghadapi Israel.

Keunggulan teknis Sniper Ghoul (dibandingkan senapan sniper sekelas):

1. Jangkauan tembak efektif: Jarak tembak efektif 2 km tergolong cukup baik untuk senapan sniper buatan dalam negeri.

2. Kekuatan amunisi: Kaliber 14,5mm cukup besar dan bertenaga, berpotensi menembus kendaraan lapis baja ringan.

3. Adaptasi lingkungan: Senapan ini dimodifikasi agar sesuai dengan iklim dan medan di Palestina.

Namun, perlu dicatat juga beberapa potensi kelemahan Ghoul:
Spesifikasi Sniper Ghoul, Senjata Berbahaya Buatan Brigade Al Qassam

1. Akurasi: Ketepatan yang diklaim (1 MOA) belum diverifikasi secara independen dan mungkin tidak setara dengan senapan sniper Barat kelas atas.

2. Kualitas bahan: Kualitas bahan dan komponen mungkin tidak sebaik senapan sniper buatan pabrikan ternama, berpotensi mempengaruhi ketahanan dan kinerja jangka panjang.

3. Teknologi: Ghoul kemungkinan menggunakan teknologi yang kurang canggih dibandingkan senapan sniper terkini, sehingga mungkin kalah dalam fitur dan ketepatan jarak jauh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2341 seconds (0.1#10.140)