Setelah Asteroid Bennu, NASA Ambil Sampel God of Chaos

Kamis, 28 Desember 2023 - 16:04 WIB
Setelah Asteroid Bennu, NASA Ambil Sampel God of Chaos
Apophis merupakan batu luar angkasa selebar lebih dari 1.000 kaki yang dinamai dari dewa Mesir God of Chaos. (Foto: AFP)
JAKARTA - Badan luar angkasa Amerika Serikat (NASA) meluncurkan misi untuk menangkap asteroid 'God of Chaos' sebelum melewati orbit Bumi.

Baru saja menyelesaikan misi historisnya untuk mengumpulkan sampel dari asteroid bennu di luar angkasa, pesawat luar angkasa OSIRIS-REx milik NASA memiliki tugas terbaru. Tugasnya kali ini mempelajari asteroid lain yang terdekat dengan Bumi.

Fox News melansir Kamis (28/12/2023), OSIRIS-REx menyelesaikan perjalanan pulang-pergi tujuh tahun sejauh 4 miliar mil ke asteroid Bennu untuk mengumpulkan sampel. Namun, alih-alih mematikan pesawat, tim mengusulkan untuk mengirimkannya pada misi kedua ke asteroid Apophis, yang diperkirakan akan melewati Bumi lebih dekat pada 2029 daripada asteroid berukuran serupa lainnya dalam sejarah tercatat.

Mereka akan mengganti nama pesawat luar angkasa tersebut menjadi OSIRIS-APEX (Origins, Spectral Interpretation, Resource Identification, and Security – Apophis Explorer). "Kedekatan asteroid ini adalah eksperimen alam yang besar," kata Dani Mendoza DellaGiustina, peneliti utama untuk OSIRIS-APEX.

Para ilmuwan NASA meyakini bahwa gaya pasang surut dan akumulasi material tumpukan reruntuhan menjadi proses dasar yang dapat memainkan peran dalam pembentukan planet. Proses ini bisa menginformasikan bagaimana beralih dari reruntuhan dalam sistem surya awal menjadi planet yang matang.

Apophis yaitu batu luar angkasa selebar lebih dari 1.000 kaki yang dinamai dari dewa Mesir dan dijuluki "God of Chaos." Asteroid yang pertama kali ditemukan pada 2004 ini diperkirakan akan melewati dalam jarak 20.000 mil dari permukaan Bumi — lebih dekat daripada beberapa satelit — pada 13 April 2029.

Asteroid itu hanya melewati Bumi dengan jarak sejauh ini sekali setiap 7.500 tahun. Ilmuwan awalnya mengatakan ada sekitar 3% kemungkinan asteroid akan bertabrakan dengan Bumi, tetapi seiring berjalannya waktu, mereka menyadari tidak akan terjadi tabrakan pada tahun 2029, maupun selama perjalanan kembali Apophis pada 2036.

Sentuhan dekat dengan Bumi akan mengubah orbit asteroid dan panjang hari asteroid tersebut — biasanya 30,6 jam. Ini juga dapat menyebabkan gempa dan tanah longsor di Apophis, yang kemudian dapat mengungkapkan material yang terletak di bawah permukaan asteroid.