Ini Rute Jalan Kaki Terpanjang di Dunia, Melintasi 16 Negara

Rabu, 10 Januari 2024 - 13:00 WIB
loading...
Ini Rute Jalan Kaki Terpanjang di Dunia, Melintasi 16 Negara
Rute jalan kaki terpanjang di dunia membentang sejauh 22.531 Km melintasi 16 negara. (Foto: Reddit)
A A A
JAKARTA - Konsep jalan-jalan tidak melulu hanya berjalan keliling dunia dengan moda transportasi, namun tersedia pula jalanan di peta untuk dijelajahi dengan berjalan kaki. Jalan terpanjang di dunia tercatat berada di perlintasan beberapa negara.

Ternyata memang ada rute berjalan yang muncul di peta Google. Ketika mencari petunjuk berjalan kaki antara Vladivostok, Rusia dan Cape Town, Afrika Selatan. Jalan terpanjang itu sejauh 14.000 mil atau 22.531 kilometer melintasi 16 negara berbeda yang memakan waktu sekitar 562 hari untuk diselesaikan.

Namun, apakah rute seperti itu benar-benar dapat dijalani. Sebenarnya tidak, tetapi alasannya cukup mengejutkan. Hal pertama yang perlu diperhatikan bahwa meskipun Google mengklasifikasikan petunjuk sebagai rute berjalan, ada beberapa bagian yang bisa dilalui dengan naik feri. Untuk menyeberangi dari satu sisi Laut Merah ke sisi lain, peta menyarankan untuk naik perahu.

Kemudian, setelah sampai di Trabzon, Turki, rute tersebut sekali lagi menyarankan untuk pergi melalui air, menyeberangi Laut Hitam ke Sochi di Rusia. Jika menghilangkan feri dan berjalan lebih jauh harus melalui Mesir untuk menghindari Laut Merah, dan kemudian melalui Georgia untuk menghindari Laut Hitam, beberapa masalah yang tidak dapat dihindari akan muncul.


Visa


Sebanyak 16 negara dalam perjalanan dari Vladivostok ke Cape Town bisa dilalui dengan pengurusan visa. "Tidak semua negara akan memberikan visa on arrival, dan persyaratan vaksinasi untuk semua akan berbeda. Anda tidak bisa sekadar berjalan masuk ke negara baru. Anda perlu pergi ke perlintasan perbatasan dan kemungkinan besar harus keluar dari rute,” kata supervisor operasi medis di Global Rescue Jeffrey Weinstein, dilansir dari Express.co.uk, Rabu (10/1/2024).

Packing


Berbagai kondisi alam menyertai perjalanan panjang ini. “Ada banyak peralatan yang harus dibawa untuk melakukan ini. Apa yang Anda butuhkan untuk tempat perlindungan di Sahara Afrika akan sangat berbeda dari apa yang dibutuhkan di tundra Rusia," ujar Weinstein.

Termasuk urusan sepatu untuk perjalanan pun perlu diperhatikan. Produsen sepatu merekomendasikan konsumen mengganti sepatu bot hiking setiap dipakai 500 – 804 kilometer atau tergantung penggunaan.


Perang


Rute Google Maps melalui tempat-tempat konflik, di antaranya Republik Demokratik Kongo (DRC), Burundi, Rwanda hingga Uganda. Ancaman terorisme juga mengintai di area sebelum Sudan Selatan dan Sudan yang tidak bersahabat, meskipun perjanjian perdamaian ditandatangani pada 2018.

Lalu ada masalah kecil dari perjalanan dari Mesir ke Israel , sebelum masuk ke Lebanon dan kemudian Suriah yang dilanda perang saudara. Turki memberikan sedikit istirahat sebelum memasuki negara yang meluncurkan invasi militer penuh skala ke Ukraina. Jika tiga alasan ini membuat enggan berjalan kaki di jalan terpanjang di dunia, maka sebaiknya tidak dilakukan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2262 seconds (0.1#10.140)