Penyebab Kera Terbesar Gigantopithecus Blacki Punah dari Bumi

Kamis, 11 Januari 2024 - 21:51 WIB
Penyebab Kera Terbesar Gigantopithecus Blacki Punah dari Bumi
Penyebab Gigantopithecus Blacki dari bumi. FOTO/ IFL
BEIJING - Kera terbesar yang pernah berkeliaran di Bumi adalah Gigantopithecus Blacki, yang hidup di Asia Tenggara sekitar 2 juta hingga 100.000 tahun yang lalu. Tingginya bisa mencapai 3 meter dan beratnya bisa mencapai 600 kilogram.

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah berdebat tentang apa yang menyebabkan kepunahan Gigantopithecus. Beberapa teori yang diajukan termasuk perubahan iklim, persaingan dari spesies kera lainnya, atau perburuan oleh manusia.

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Ecology & Evolution memberikan bukti baru yang mendukung teori perburuan. Penelitian tersebut menganalisis fosil Gigantopithecus yang ditemukan di China, Indonesia, dan Vietnam.

Para peneliti menemukan bahwa fosil-fosil tersebut menunjukkan bukti trauma akibat senjata tajam. Mereka juga menemukan bahwa fosil-fosil tersebut lebih sering ditemukan di dekat situs-situs manusia purba.

Penemuan ini menunjukkan bahwa manusia purba mungkin berperan dalam kepunahan Gigantopithecus. Manusia purba mungkin berburu Gigantopithecus untuk dagingnya atau untuk melindungi wilayahnya.

Namun, penelitian ini tidak dapat membuktikan secara pasti bahwa manusia purba adalah penyebab kepunahan Gigantopithecus. Masih mungkin bahwa faktor-faktor lain, seperti perubahan iklim, juga berperan.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab kepunahan Gigantopithecus:

Perubahan iklim: Perubahan iklim dapat menyebabkan perubahan habitat Gigantopithecus, yang dapat membuat mereka sulit untuk bertahan hidup.

Persaingan dari spesies kera lainnya: Spesies kera lainnya, seperti orangutan, mungkin menjadi pesaing yang semakin kuat bagi Gigantopithecus.

Perburuan oleh manusia purba: Manusia purba mungkin berburu Gigantopithecus untuk dagingnya atau untuk melindungi wilayahnya.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan penyebab pasti kepunahan Gigantopithecus.