NASA Tawarkan Penduduk Bumi untuk Mengukir Namanya di Bulan

Jum'at, 12 Januari 2024 - 18:02 WIB
NASA Tawarkan Penduduk Bumi untuk Mengukir Namanya di Bulan
NASA siap buka layanan mengukir nama di Bulan. FOTO/ Daily
LONDON - Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) kini menawarkan masyarakat kesempatan untuk mengukir nama mereka di bintang, sebagai bagian dari misi berikutnya ke bulan.

Seperti dilansir dari Sky News, kendaraan robotik NASA yang dikenal sebagai VIPER diperkirakan akan mendarat di kutub selatan bulan yang belum dijelajahi akhir tahun ini.

Dalam misi tersebut, VIPER akan mengungkap misteri air, selain mempelajari lingkungan wilayah bulan yang rencananya akan dikirim NASA untuk mengirim astronot.

Bersama dengan beberapa instrumen ilmiah lainnya, kendaraan robotik tersebut juga akan membawa daftar nama individu, yang berpotensi berjumlah jutaan orang.

Bahkan, semua individu tersebut juga akan diberikan tiket masuk suvenir sehingga menjadi bagian dari perjalanan berisiko.

“Dengan menggunakan VIPER, kami akan mempelajari dan menjelajahi beberapa bagian permukaan bulan yang belum pernah dikunjungi siapa pun sebelumnya,'' kata administrator asosiasi kantor pusat NASA Nicola Fox.

Bayangkan, nama Anda akan bersama VIPER saat melintasi medan terjal dan terjal di kutub selatan bulan.

“Kendaraan robotik ini juga akan memiliki data penting yang akan membantu kita lebih memahami sejarah bulan,” tambah Nicola Fox.

Kabarnya, nama-nama peminat harus dikirimkan sebelum 15 Maret mendatang agar daftar bisa dibuat.

Sejauh ini, NASA belum mengumumkan bagaimana kendaraan robotik tersebut akan membawa nama individu tersebut.

Namun, dalam misi serupa ke bulan Jupiter, Europa, terdapat daftar nama individu yang distensil dengan berkas elektron pada chip silikon seukuran koin lima pence.