Manusia Modern Pertama Tiba di China 45.000 Tahun Lalu

Jum'at, 19 Januari 2024 - 21:43 WIB
Manusia Modern Pertama Tiba di China 45.000 Tahun Lalu
Manusia Modern Pertama di China. FOTO/ Acient
BEIJING - Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature pada tanggal 17 Januari 2024 menunjukkan bahwa manusia modern pertama kali tiba di China 45.000 tahun lalu.

BACA JUGA - Gigi Manusia Purba Berusia Jutaan Tahun Ditemukan

Penelitian ini didasarkan pada analisis fosil gigi yang ditemukan di situs gua Xiamabei di provinsi Henan, China.

Fosil gigi tersebut milik seorang individu yang diperkirakan berusia sekitar 45.000 tahun. Gigi tersebut memiliki karakteristik yang mirip dengan gigi manusia modern, seperti mahkota yang tinggi dan akar yang pendek.

Hal ini menunjukkan bahwa individu tersebut adalah seorang manusia modern, bukan manusia Neanderthal atau Denisovan.

Penemuan ini menggeser pemahaman kita tentang sejarah migrasi manusia modern ke Asia. Sebelumnya, para ahli percaya bahwa manusia modern tiba di China sekitar 30.000 tahun lalu.

Penemuan ini menunjukkan bahwa manusia modern tiba di China lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya, dan kemungkinan besar mereka bermigrasi dari Afrika melalui Asia Barat.

Penemuan ini juga memiliki implikasi penting bagi pemahaman kita tentang evolusi manusia.

Fosil gigi tersebut menunjukkan bahwa manusia modern telah berevolusi menjadi spesies yang berbeda dari Neanderthal dan Denisovan setidaknya 45.000 tahun yang lalu.

Hal ini menunjukkan bahwa proses evolusi manusia modern mungkin telah dimulai lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya.

Penemuan ini masih perlu diverifikasi oleh penelitian lebih lanjut. Namun, penemuan ini merupakan langkah penting dalam pemahaman kita tentang sejarah migrasi manusia modern dan evolusi manusia.