Terkenal Ganas dan Besar, Harimau Amur Serang Penduduk Rusia

Senin, 29 Januari 2024 - 15:37 WIB
loading...
Terkenal Ganas dan Besar, Harimau Amur Serang Penduduk Rusia
Harimau Amur serang secara membabi buta penduduk Rusia. FOTO/ THE SUN
A A A
MOSCOWRUSI - Spesies harimau terbesar di dunia, harimau Amur, menyerang penduduk Rusia dan membunuh hewan peliharaan mereka,



Seperti dilansir dari The Sun, Senin (29/1/2024), seorang pria dan anjing peliharaannya dianiaya hingga mati oleh seekor harimau Amur di wilayah Timur Jauh Rusia dalam sebuah insiden mengerikan yang membuat penduduk setempat hidup dalam ketakutan.

Rekaman televisi sirkuit tertutup (CCTV) memperlihatkan situasi beberapa anjing penjaga yang diserang harimau Amur.

Insiden tersebut terjadi setelah Presiden Vladimir Putin memulai kampanye pelestarian harimau Amur di habitat aslinya di Rusia timur.

Spesies harimau Amur dilaporkan terancam punah di Rusia, namun populasinya terus bertambah sejak kampanye Putin diluncurkan.

Hingga saat ini, diperkirakan terdapat lebih dari 750 ekor Harimau Amur yang hidup di alam liar. Hewan itu mengembara dan memasuki kota dan desa. Selain berkeliaran di sekitar lingkungan, ia juga menyerang warga sekitar.

“Lonjakan kasus serangan ini disebabkan rusaknya habitat Harimau Amur akibat penebangan hutan, perburuan berlebihan, dan demam babi Afrika yang memusnahkan populasi babi hutan (makanan favorit harimau),” kata ahli zoologi Rusia, Sergei Kolchin.

Sebelumnya, Kantor berita Rusia, TASS melaporkan, ini merupakan pertama kali dalam 50 tahun ditemukan kembali jejak kaki Harimau Siberia. Ini menjadi sinyal bahwa populasi Harimau Siberia yang terancam punah mulai pulih.

Layanan Perlindungan Hutan Rusia menemukan jejak kaki langka di tepi kanan Sungai Aldan di Sakha tenggara pada 24 November 2021. Para ahli zoologi mengatakan Harimau Amur sulit mendapatkan pijakan karena kurangnya hutan gugur dan babi hutan.

“Jejak itu menandakan masuknya harimau pertama ke Yakutia pada abad ke-21, bahkan dalam setengah abad terakhir," kata Viktor Nikiforov, Kepala Badan Amal Lingkungan Tigrus, kepada TASS.

Harimau Amur atau Harimau Siberia, adalah spesies yang dilindungi di Rusia setelah perburuan liar menyebabkan populasinya di ambang kepunahan pada pertengahan abad ke-20.

“Berkat kerja konservasi yang berkelanjutan, populasi harimau di Timur Jauh Rusia telah berkembang dari 330 ekor pada 2005 menjadi lebih dari 600 hari ini,” kata Nikiforov.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2235 seconds (0.1#10.140)