2 Spesies Hiu Purba Ditemukan di dalam Gua Terpanjang di Dunia

Jum'at, 09 Februari 2024 - 06:18 WIB
loading...
2 Spesies Hiu Purba Ditemukan di dalam Gua Terpanjang di Dunia
2 Spesies Hiu Purba . FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
JAKARTA - Penemuan luar biasa!dua spesies hiu purba baru telah ditemukan di sistem gua terpanjang di dunia, Gua Mammoth di Kentucky, Amerika Serikat.


Seperti dilansir dari IFL Science, Jumat (9/2/2024), hiu ini, yang hidup sekitar 330 juta tahun yang lalu, telah diberi nama "Pristineleon lysonii" dan "Kyphonosus jacksoni".

Pristineleon lysonii adalah hiu primitif kecil dengan tubuh ramping dan panjang sekitar 20 cm. Hiu ini memiliki gigi kecil dan halus yang menunjukkan bahwa ia kemungkinan besar memakan mangsa kecil seperti ikan dan krustasea.

Kyphonosus jacksoni adalah hiu yang lebih besar dengan tubuh yang lebih kuat dan panjang sekitar 70 cm. Hiu ini memiliki gigi yang lebih besar dan lebih tajam yang menunjukkan bahwa ia kemungkinan besar memakan mangsa yang lebih besar seperti ikan dan hewan laut lainnya.

Penemuan hiu purba ini sangat penting karena memberikan informasi baru tentang evolusi hiu dan bagaimana mereka beradaptasi dengan lingkungan gua.

Hiu ini kemungkinan besar terjebak di gua setelah permukaan laut turun, dan mereka berevolusi untuk hidup di lingkungan gua yang gelap dan tanpa makanan.

Penemuan ini juga menunjukkan bahwa sistem gua terpanjang di dunia adalah tempat yang masih menyimpan banyak rahasia dan masih banyak hal yang belum diketahui tentang kehidupan di gua.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)