Super Turtle Tank, Senjata Multifungsi Andalan Baru Rusia

Sabtu, 24 Agustus 2024 - 20:00 WIB
loading...
Super Turtle Tank, Senjata...
Ciri khas Turtle Tanks terletak pada penambahan sangkar logam alias cope cages yang menutupi bagian atas kendaraan. Foto/Army Recognition
A A A
JAKARTA - Rusia tengah gencar mengembangkan Super Turtle Tank untuk menggempur Ukraina . Apa sebenarnya Super Turtle Tank itu?

Melansir Army Recognition, Sabtu (24/8/2024), Turtle Tank menjadi perkembangan baru di medan perang. Tank ini pertama kali muncul dalam perang di Ukraina. Kendaraan lapis baja Rusia yang dimodifikasi ini dilengkapi dengan serangkaian penyesuaian untuk melindungi tank dari serangan drone, ancaman yang semakin meningkat dalam konflik modern ini.

Ciri khas Turtle Tanks terletak pada penambahan sangkar logam alias cope cages yang menutupi bagian atas kendaraan. Struktur ini dirancang untuk melawan drone dengan mengganggu kemampuan untuk langsung merusak bagian atas tank yang menjadi bagian sangat rentan.

Namun, modifikasi ini memiliki kelemahan signifikan karena mengurangi visibilitas dan kemampuan manuver kendaraan, membuatnya lebih lambat dan kurang efektif dalam peran tempur utamanya.



Penggunaan tank ini biasanya bersama dengan kendaraan modifikasi lainnya seperti buggy dan sepeda motor. Hal mencerminkan pengaruh drone yang semakin besar di medan perang. Drone, terutama model tampilan orang pertama (FPV) menjadi senjata yang menakutkan bagi pasukan Ukraina untuk menyerang kendaraan Rusia dengan presisi tinggi.

Menghadapi ancaman ini, Turtle Tank bertindak sebagai 'spons' yang menyerap serangan sehingga kendaraan lain dapat menerobos garis musuh.

Namun, pendekatan ini menimbulkan pertanyaan tentang efektivitas cope cages. Meskipun menawarkan beberapa perlindungan terhadap drone, mereka tidak dapat mengimbangi kekurangan taktisnya. Selain itu, beberapa visual menunjukkan bahwa meskipun dilengkapi dengan perlindungan tersebut, banyak tank yang tetap hancur oleh serangan sehingga terlihatlah keterbatasan strategi ini.

Konsep Turtle Tank meskipun bersifat improvisasi dan jauh dari efektivitas Battle Tank, dapat diadaptasi untuk beberapa peran khusus di medan perang. Peran-peran ini termasuk artileri swagerak, kendaraan pembersih ranjau, dan kendaraan penerobos. Berikut fungsi Turtle Tank dengan masing-masing peran ini.


1. Artileri Swagerak


Turtle Tank dapat memberikan dukungan artileri tidak langsung. Terdapat perlindungan tambahan terhadap drone, meskipun terbatas, memungkinkan tank untuk tetap berada di belakang garis depan dan menembak dari jarak jauh ke posisi musuh.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)