Ini Cairan Temahal di Dunia, Seharga Rp600 Miliar per Galon

Rabu, 21 Februari 2024 - 09:56 WIB
loading...
Ini Cairan Temahal di Dunia, Seharga Rp600 Miliar per Galon
Bisa kalajengking memiliki harga fantastis. (Foto: Greek Reporter)
A A A
JAKARTA - Kalajengking dikenal sebagai spesies serangga yang mempunyai bisa berbahaya. Di balik itu, tubuhnya bisa menghasilkan ekstrak cairan termahal di dunia yang harganya mencapai Rp600 miliar per galonnya.

Alasan di balik mahalnya ekstraksi bisa karena cairan tersebut sulit untuk didapatkan. Apalagi kalajengking diternakkan dan bisanya diperas manual di tangan satu per satu. Satu kalajengking hanya menghasilkan paling banyak dua miligram bisa dalam satu waktu.

Proses ekstraksi bisa dari tubuh kalajengking banyak dilakukan warga dari kawasan Afrika Utara dan Timur Tengah, termasuk negara-negara seperti Mesir, Maroko, dan Iran. Mereka termasuk pemain utama dalam ekstraksi bisa kalajengking karena lingkungannya dipenuhi spesies beragam dan signifikan bagi kepentingan medis, seperti Androctonus mauretanicus.

Greek Reporter melansir, Rabu (21/2/2024), ekstraksi bisa dilakukan dengan metode tradisional, yaitu pemerasan manual dengan merangsang kalajengking secara lembut. Cara ini untuk merangsang pelepasan bisa, lalu mereka mengumpulkannya langsung dengan alat-alat khusus.



Metode lainnya dengan stimulasi listrik untuk memicu pelepasan bisa agar proses pengumpulannya lebih cepat, namun membutuhkan kalibrasi yang hati-hati agar tak melukai kalajengking.

Baru-baru ini, terdapat sebuah sistem pemerasan otomatis menggunakan robotika dan lingkungan terkontrol untuk memaksimalkan hasil ekstraksi bisa. Metode ini untuk meminimalisasi campur tangan manusia.

Produksi ekstrak bisa kalajengking juga dilakukan di Brasil. Bahkan di kawasan yang dipenuhi spesies kalajengking langka itu terdapat peternakan khusus dan fasilitas untuk ekstraksi bisa, terutama dari Tityus serrulatus yang dikenal dengan bisa neurotoksiknya.

India dan Asia Tenggara juga berkontribusi pada permintaan global untuk bisa kalajengking, dengan spesies seperti Heterometrus swammerdami yang dibesarkan secara komersial untuk pengumpulan bisa.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)