5 Ikan Paling Beracun yang Bisa Membunuh hanya dengan Sekali Tusuk

Kamis, 14 Maret 2024 - 19:27 WIB
loading...
5 Ikan Paling Beracun yang Bisa Membunuh hanya dengan Sekali Tusuk
5 Ikan Paling Beracun . FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - 5 ikan paling beracun yang yang kadar racunnya mengalahkan bisa ular kobra. Ada banyak jenis ikan beracun, baik di laut maupun di air tawar.



Sebab, jangan sampai Anda tidak sadar ketika suatu saat bertemu dengan ikan lion fish atau lepu ayam yang terlihat indah, tapi mengandung racun di balik siripnya.

Beberapa ikan dilahirkan sebagai pemangsa, tapi sebagian lainnya memiliki racun untuk perlindungan diri. Berikut 5 ikan paling beracun di dunia:

1. Stonefish

Stonefish masuk dalam genus Synanceja dan famili Synancejidae, ditemukan di perairan dangkal Indo-Pasifik tropis. Stonefish sangat lamban. Hidup di antara bebatuan atau karang.

Tubuhnya tebal dengan kepala dan mulut besar, mata kecil, dan kulit bergelombang yang ditutupi benjolan seperti kutil.

Stonefish berbahaya, karena jika terinjak bisa menyuntikkan racun melalui lekukan di duri sirip punggungnya.

2. Lionfish

Lionfish (ikan singa) sangat populer lewat keindahan bentuk dan warnanya. Lionfish memiliki 18 buah dorsal fin (sirip perut) yang terhubung dengan dua kelenjar bisa di tulang belakangnya.

Ternyata dibalik keindahan siripnya, ada racun. Sirip berbisanya ini digunakan sebagai mekanisme pertahanan diri ketimbang untuk mencari mangsa. Sirip-sirip ini menyuntikkan racun ke korban. Karena tidak memiliki predator alami dan bisa berkembang biak dengan sangat cepat, keberadaan Lionfish bisa mengacaukan keseimbangan ekosistem.

3. Candiru

Candiru (Vandellia cirrhosa) adalah ikan lele parasit tanpa sisik dari famili Trichomycteridae. Ditemukan di wilayah Sungai Amazon. Bentuknya seperti belut, dengan panjang sekitar 2,5 cm (1 inci).

Candiru memakan darah dan umumnya ditemukan di rongga insang ikan lain. Kadang-kadang juga menyerang manusia dan diketahui memasuki uretra hewan perenang.

Ikan ini lantas menjulurkan duri pendek pada penutup insangnya dan dapat menyebabkan peradangan, pendarahan, dan bahkan kematian bagi korbannya.

4. Ikan Buntal

Puffer atau ikan buntal, terlihat imut dan menggemaskan. Tapi, memiliki racun berbahaya. Ikan buntal masuk dalam 90 spesies ikan dari famili Tetraodontidae. Saat diganggu akan mengembang dengan udara dan air sehingga menjadi bulat.

Ikan buntal juga ada di air tawar. Kulitnya keras, biasanya berduri dengan gigi menyatu. Ukuran terbesar bisa mencapai 90 cm. Racunnya tetraodontoxin di organ dalam, bisa menyebabkan kematian. Walau, di Jepang ikan yang disebut fugu itu disiapkan hati-hati oleh koki terlatih untuk hidangan.

5. Ikan Manta

Ikan Pari Manta dikenal dengan sirip dada yang besar dan panjang. Pari manta memiliki ekor pendek seperti cambuk. Pada beberapa spesies, punya duri penyengat. Steve Irwin, salah satu pembawa acara asal Australia, meninggal saat pari Manta menusuk dada dan jantungnya.

Pari manta terkecil, spesies Mobula diabolis dari Australia, tumbuh tidak lebih dari 60 cm (2 kaki), tetapi Manta Atlantik, atau pari setan raksasa (Manta birostris), dapat tumbuh hingga lebarnya lebih dari 7 meter (23 kaki).
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)