9 Terowongan Bawah Laut Terpanjang di Dunia, Nomor 1 Ternyata di Asia

Jum'at, 23 Februari 2024 - 07:29 WIB
loading...
A A A
Konstruksi Terowongan Eiksund bukanlah tugas yang mudah. Dukungan batuan (sebuah teknik yang melibatkan penempatan baut baja ke lubang yang dibor) digunakan untuk memperkuat dinding terowongan dan mencegah bahaya potensial. Terowongan Eiksund adalah peningkatan transportasi penting bagi wilayah tersebut. Memotong waktu perjalanan antara dua pulau dari sekitar 45 menit menjadi sekitar 10 menit saja.

8. Terowongan Teluk Qingdao Jiaozhou


Terowongan Teluk Qingdao Jiaozhou adalah terowongan jalan bawah laut yang terletak di Provinsi Shandong, China. Terowongan ini berjalan di bawah Teluk Jiaozhou, menghubungkan Distrik Huangdao di selatan dengan Distrik Shinan di utara.

Konstruksi dimulai pada 27 Desember 2006, dan selesai lima tahun kemudian, dengan terowongan dibuka pada tahun 2011. Terowongan sepanjang 7,8 kilometer ini mencakup bagian bawah tanah dan bawah laut, dengan bagian bawah laut mencakup 3,93 kilometer. Terowongan ini mencapai kedalaman maksimum 73,96 meter, dengan kedalaman air maksimum 41,94 meter.

Terowongan Qingdao Jiaozhou Bay kedua sedang dalam pembangunan untuk meningkatkan konektivitas di seluruh wilayah perkotaan pantai Qingdao. Terowongan baru sepanjang 15,87 kilometer ini akan lebih panjang dari terowongan Ryfast dan memiliki enam lajur ke arah yang berlawanan.

9. Terowongan Tanjung Utara


Diberi nama sesuai dengan Tanjung Utara yang ikonik di pulau Magerøya, Terowongan Tanjung Utara adalah salah satu terowongan bawah laut terpanjang dan paling utara di Norwegia. Raja Harald V dari Norwegia meresmikan Terowongan Tanjung Utara pada 15 Juni 1999.

Terletak di Munisipalitas Nordkapp di Troms og Finnmark di ujung utara negara itu, terowongan ini melintasi selat Magerøysundet, menghubungkan daratan utama Norwegia dengan kota Honningsvåg dan objek wisata di Tanjung Utara. Terowongan ini menggantikan rute feri sebelumnya antara Kåfjord dan Honningsvåg.

Untuk melawan musim dingin yang ekstrem, terowongan ini dilengkapi dengan pintu anti-pembekuan otomatis, yang dikenal sebagai "kuldeport." Pintu ini secara otomatis menyegel mulut terowongan di musim dingin, mencegah air yang bocor membeku dan menciptakan bahaya. Ketika lalu lintas lebih padat di musim panas, pintu tetap terbuka.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2216 seconds (0.1#10.140)