Ilmuwan Temukan Jawaban Penyebab Ikan Pari Bisa Hamil tanpa Jantan

Minggu, 25 Februari 2024 - 09:47 WIB
Partenogenesis fakultatif: Pada spesies lain, seperti pari gergaji (Pristis pectinata), partenogenesis dapat terjadi sebagai alternatif reproduksi seksual. Betina biasanya bereproduksi secara seksual dengan jantan, tetapi mereka juga dapat menghasilkan telur yang berkembang tanpa sperma jika tidak ada jantan yang tersedia.

Masih banyak yang belum diketahui tentang partenogenesis pada ikan pari bulat. Para ilmuwan masih mempelajari mekanisme di balik proses ini, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Berikut beberapa kemungkinan mengapa ikan pari bulat berevolusi dengan kemampuan partenogenesis:

Meningkatkan peluang reproduksi: Partenogenesis memungkinkan betina untuk bereproduksi tanpa memerlukan jantan, yang dapat bermanfaat di lingkungan di mana jantan jarang ditemukan.

Menjaga keanekaragaman genetik: Partenogenesis dapat membantu menjaga keanekaragaman genetik dalam populasi ikan pari bulat, terutama di populasi kecil yang terancam punah.

Menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan: Partenogenesis memungkinkan ikan pari bulat untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan, seperti perubahan suhu atau salinitas.