7 Cara Jitu Menjaga Perabotan Rumah Aman dari Cakaran Kucing

Selasa, 05 Maret 2024 - 09:30 WIB
loading...
7 Cara Jitu Menjaga Perabotan Rumah Aman dari Cakaran Kucing
Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar perabotan rumah aman dari cakaran kucing. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kucing adalah hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan, tetapi terkadang kebiasaan mereka dapat merusak perabotan rumah. Banyak cara yang dapat dilakukan bagi Anda yang memelihara kucing agar lingkungan tetap aman dan nyaman.

Jika Anda ingin menjaga perabotan Anda tetap utuh dan tahan lama, berikut adalah lima tips yang dapat membantu Anda mencegah kucing merusaknya:

1. Sediakan Papan Gores atau Pohon Cakar
7 Cara Jitu Menjaga Perabotan Rumah Aman dari Cakaran Kucing

Kucing secara alami perlu mengasah cakarnya, dan jika tidak disediakan tempat yang sesuai, mereka mungkin akan mengasah cakar pada perabotan Anda. Sediakan papan gores atau pohon cakar yang tepat ukurannya dan letakkan di area yang mudah diakses oleh kucing. Ini akan membantu mengalihkan perhatian mereka dari perabotan rumah Anda.

2. Gunakan Penyemprot Anti-Pembasmi

Ada beberapa produk yang dapat Anda semprotkan pada perabotan atau area tertentu di rumah Anda yang ingin Anda lindungi dari cakaran kucing. Penyemprot anti-pembasmi umumnya memiliki aroma yang tidak disukai oleh kucing, sehingga mereka akan menghindari area yang telah disemprotkan.

3. Berikan Mainan yang Tepat
7 Cara Jitu Menjaga Perabotan Rumah Aman dari Cakaran Kucing

Kucing perlu kegiatan fisik dan mental untuk tetap sehat dan bahagia. Berikan mainan yang sesuai, seperti bola berisi camilan atau mainan berbulu, yang dapat mengalihkan perhatian mereka dari perabotan rumah Anda. Pastikan mainan tersebut aman dan tidak memiliki bagian yang dapat ditelan oleh kucing.

4. Batasi Akses ke Perabotan yang Rentan

Jika Anda memiliki perabotan yang sangat berharga atau rentan terhadap kerusakan, pertimbangkan untuk membatasi akses kucing ke area tersebut. Anda dapat menggunakan pagar bayi atau penutup khusus untuk mencegah kucing masuk ke ruangan tertentu di rumah Anda.

5. Berikan Pelatihan Positif

Melalui pelatihan positif, Anda dapat mengajari kucing Anda untuk menghindari perabotan rumah Anda. Berikan pujian dan hadiah setiap kali mereka menggunakan papan gores atau mainan yang tepat, dan hindari memberikan perhatian saat mereka mencoba merusak perabotan.

6. Rutin Gunting Kuku Kucing

Kuku yang panjang pada kucing dapat membuat mereka lebih cenderung untuk merusak perabotan rumah. Rutinlah memotong kuku kucing Anda untuk mengurangi kemungkinan kerusakan pada perabotan. Pastikan Anda menggunakan gunting kuku yang tepat dan memotong dengan hati-hati untuk menghindari cedera.


7. Sediakan Tempat Beristirahat yang Nyaman

Kucing sering merusak perabotan karena mereka mencari tempat yang nyaman untuk tidur atau beristirahat. Sediakan tempat tidur atau kursi khusus untuk kucing Anda yang nyaman dan mengundang. Dengan memberikan tempat yang sesuai untuk beristirahat, Anda dapat mengurangi kemungkinan kucing merusak perabotan rumah Anda untuk membuat tempat tidur sendiri.

Dengan menerapkan tips-tips di atas secara konsisten, Anda dapat membantu mencegah kucing Anda merusak perabotan rumah Anda. Ingatlah bahwa kesabaran dan konsistensi adalah kunci dalam melatih perilaku yang diinginkan pada hewan peliharaan Anda. Selamatmencoba!

MG/Khusniah
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2634 seconds (0.1#10.140)