Gurita Memiliki Kromosom Seks Tertua Berusia 248 Juta Tahun

Jum'at, 08 Maret 2024 - 09:36 WIB
loading...
Gurita Memiliki Kromosom Seks Tertua Berusia 248 Juta Tahun
Ilmuwan ungkap gurita memiliki kromosom seks tertua. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
JAKARTA - Kromosom pada cephalopoda (seperti cumi-cumi dan gurita) yang menentukan jenis kelamin jantan atau betina telah digunakan selama 248 juta tahun, jauh lebih lama dibandingkan kromosom hewan lain yang diketahui.

BACA JUGA - Penelitian Terbaru Ungkap Hewan Laut Tertua

Umur panjang ini berbeda dengan kelas hewan lain yang jauh lebih sering mengubah sistem penentuan jenis kelaminnya.

Tidak semua hewan menggunakan kromosom untuk menentukan jenis kelamin. Beberapa hewan menggunakan suhu saat telur diinkubasi, dan hal ini menimbulkan masalah serius di dunia yang semakin memanas.

Bagi hewan yang menggunakan kromosom, prosesnya tidak selalu stabil seperti yang diharapkan, seperti hilangnya kromosom Y pada manusia.

Oleh karena itu, tidak aman untuk berasumsi bahwa sistem penentuan jenis kelamin yang kita lihat saat ini sama dengan yang terjadi di masa lalu.

Namun, Dr. Andrew Kern dari Universitas Oregon dan rekannya telah menemukan satu contoh stabilitas yang luar biasa. Hasil penelitian mereka telah dipublikasikan dalam pracetak yang belum lolos tinjauan sejawat.

"Kami mungkin menemukan kromosom seks hewan tertua yang diketahui hingga saat ini," kata Kern kepada Nature News.

"Penentuan jenis kelamin pada cephalopoda, seperti cumi-cumi dan gurita, adalah sebuah misteri - kami menemukan bukti pertama bahwa gen terlibat dalam hal ini." tambahnya

Sampai saat ini, penentuan jenis kelamin cephalopoda masih menjadi misteri; bahkan tidak diketahui apakah mereka menggunakan kromosom atau faktor lingkungan untuk menentukan jenis kelamin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2218 seconds (0.1#10.140)