Pemburu Harta Karun Temukan Bongkahan Emas Terbesar di Inggris

Kamis, 21 Maret 2024 - 14:58 WIB
loading...
Pemburu Harta Karun Temukan Bongkahan Emas Terbesar di Inggris
Bongkahan Hiro memecahkan rekor sebagai emas terbesar yang pernah ditemukan di Inggris.(Foto: SWNS)
A A A
JAKARTA - Seorang pemburu harta karun amatir menemukan bongkahan emas terbesar yang pernah tercatat di Inggris. Bongkahan emas seberat 64,8 gram itu diperkirakan bernilai £30.000 atau Rp601 juta.

Penemuan luar biasa ini terjadi di Shropshire Hills oleh Richard Brock (67). Cerita bermula saat Brock bergabung dengan ekspedisi terorganisir di Shropshire Hills untuk berburu logam berharga. Setibanya di sana, ia mengalami kendala dengan peralatannya dan terpaksa menggunakan detektor logam cadangan yang sudah usang.

Namun, takdir berkata lain. Hanya dalam waktu 20 menit setelah memindai tanah, Brock menemukan bongkahan emas seberat 64,8 gram terkubur sekitar 15 cm di bawah permukaan. Emas ini, yang diberi nama Bongkahan Hiro, diprediksi akan memecahkan rekor sebagai bongkahan emas terbesar yang ditemukan di tanah Inggris.

"Awalnya saya menemukan beberapa pasak tenda tua berkarat dengan detektor cadangan ini," kata Brock dilansir dari Daily Mail, Kamis (21/3/2024).



"Namun, setelah 20 menit, saya menemukan bongkahan emas ini! Saya mungkin terlalu jujur dan mulai menunjukkannya kepada orang lain, dan tak lama kemudian area tersebut dibanjiri oleh para pencari logam lainnya."

Meskipun menggunakan peralatan yang jauh dari sempurna, Brock menunjukkan bahwa kombinasi kejelian dan pengetahuanlah yang menjadi kunci penemuannya. "Jika Anda berjalan di atas penemuan itu dan cukup waspada terhadap apa yang mungkin tersembunyi di bawah tanah, itu membuat semua perbedaan," ujarnya.

Misteri di Balik Bongkahan Emas


Asal-usul bongkahan emas ini masih menjadi misteri. Kawasan Shropshire Hills, seperti Wenlock Edge, merupakan bentang alam purba yang pernah berada di bawah lautan prasejarah. Para pemburu harta karun sering menemukan sisa-sisa karang di area tersebut.

Penemuan Brock terjadi di lokasi yang diyakini sebagai jalur atau jalan tua dengan rel kereta api, yang kemungkinan menyimpan batu-batu yang didistribusikan dari Wales, negara yang terkenal kaya akan emas.



Hingga saat ini, bongkahan emas terbesar yang pernah ditemukan di Inggris berasal dari Wales dan Skotlandia. Nugget Douglas dari Perthshire seberat 85,7g, Nugget Anglesey seberat 97,12g, dan Nugget Reunion dari Skotlandia (2019) seberat 121,3g.

Brock telah menghubungi petugas penghubung temuan dan berencana untuk menjual Bongkahan Hiro di lelang. Hasil penjualannya akan dibagi dengan pemilik tanah. "Saya tidak percaya ini terjadi - penemuan terbesar dalam hidup saya!" kata Brock.

Bongkahan emas ini akan dilelang oleh Mullock Jones mulai 15 Maret hingga 1 April dengan perkiraan harga £30.000.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1995 seconds (0.1#10.140)