Arkeolog Temukan Vila Romawi Penuh dengan Koin Kuno dan Perhiasan

Rabu, 03 April 2024 - 07:45 WIB
loading...
Arkeolog Temukan Vila Romawi Penuh dengan Koin Kuno dan Perhiasan
Kompleks vila Romawi di desa Grove, 60 mil sebelah barat London, Inggris. (Foto: Red River Archaeology Group)
A A A
JAKARTA - Para arkeolog menemukan kompleks vila Romawi yang didekorasi dengan mewah selama penggalian di desa Grove, 60 mil sebelah barat London, Inggris. Situs yang berasal dari Zaman Perunggu hingga periode Romawi akhir tersebut berisi sejumlah artefak seperti miniatur kapak, gulungan, koin kuno dan perhiasan.

Penggalian tersebut dilakukan menjelang rencana pembangunan perumahan di Brookside Meadows, Grove. Red River Archaeology Group (RRAG) yang melakukan penggalian menyebutkan kompleks yang baru ditemukan ini memiliki beberapa bangunan lorong seperti aula, yang berasal dari akhir abad pertama dan kedua Masehi, serta vila koridor bersayap.

"Besarnya bangunan yang masih bertahan dan kayanya barang yang ditemukan menunjukkan ini adalah fitur dominan di daerah tersebut, jika bukan lanskap yang lebih luas," kata Louis Stafford, manajer proyek senior di RRAG, dikutip dari Smithsonian Mag, Rabu (3/4/2024).

Vila Romawi ini memiliki aula utama yang menghubungkan beberapa ruangan. Kemungkinan besar dibangun sebelum bangunan lorong tetangga, yang merupakan struktur lebih besar yang mungkin ditambahkan seiring dengan meningkatnya kekayaan pemiliknya.

Arkeolog Temukan Vila Romawi Penuh dengan Koin Kuno dan Perhiasan




Selain ukurannya, struktur ini juga mengesankan karena dekorasinya yang rumit. Jennifer Nalewicki dari Live Science menulis bahwa bangunan tersebut dihiasi dengan plester yang dicat, mosaik, pekerjaan ubin hias, tiang colonnade, lantai bata, dan ornamen lainnya.

Penggalian juga mengungkapkan harta karun artefak, termasuk bros, cincin, koin, peralatan makan, dan gesper sabuk yang dihiasi dengan kuda. Para peneliti berpikir gesper sabuk itu, yang berasal dari antara 350 dan 450 Masehi, kemungkinan milik anggota elit Romawi. Artefak tersebut menunjukkan bahwa orang Romawi menduduki daerah itu hingga abad keempat atau kelima Masehi.

"Situs ini jauh lebih kompleks daripada situs pedesaan biasa dan jelas merupakan pusat kegiatan penting untuk waktu yang lama, dari Zaman Perunggu hingga periode Romawi akhir," kata Giarelli.



Selama pemerintahan Kekaisaran Romawi di Inggris, yang berlangsung dari 43 hingga sekitar 411 Masehi, vila tidak hanya tempat tinggal tapi juga pusat administrasi kecil. Penghuni vila bertanggung jawab untuk merawat jalan, mengelola tanaman, dan menyimpan makanan.

Rincian tentang kehidupan penghuni vila masih belum jelas. Para peneliti masih belum tahu. Beberapa benda aneh yang ditemukan selama penggalian juga memberikan petunjuk tentang praktik spiritual penghuninya.

Para peneliti selama penggalian menemukan kumpulan gulungan timah yang digulung rapat dan penuh teka-teki. Gulungan itu menyerupai "tablet kutukan" Romawi - potongan timah yang digunakan orang Romawi untuk menulis pesan kepada kekuatan yang lebih tinggi. Di situs juga ditemukan beberapa kapak persembahan. Benda ini mirip dengan koleksi miniatur senjata yang pernah ditemukan di desa Uley, yang diduga dipersembahkan kepada dewa seperti Merkurius.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)