Perairan Berusia 12 Miliar Tahun Ditemukan Berada di Luar Angkasa

Senin, 25 Maret 2024 - 06:10 WIB
Perairan Berusia 12 Miliar Tahun Ditemukan Berada di Luar Angkasa
Sumber air berusia miliaran tahun ditemukan di Antariksa. FOTO/ IFL SCIENCE
NEW YORK - Meskipun para ahli sering menemukan benda-benda seperti asteroid dan lubang hitam di luar angkasa , air bukanlah hal yang umum ditemukan.

Seperti dilansir dari Unilad, Senin (25/3/2024), namun, penemuan yang dibuat tahun lalu sangatlah luar biasa dan benar-benar mengejutkan penemuan sebelumnya.

Pada tahun 2011, dua tim astronom menemukan reservoir air terbesar dan terjauh yang pernah terdeteksi di alam semesta - dan hal ini membuat banyak penggila ruang angkasa bersemangat.

Yang menarik dari penemuan ini adalah kenyataan bahwa badan air tersebut jauh lebih besar daripada air mana pun yang ditemukan di Bumi.

Para ilmuwan memperkirakan dalam temuan mereka jumlah air yang ditemukan setara dengan 140 triliun kali lipat jumlah air di lautan dunia.

Namun, sebelum para pecinta ruang angkasa berkesempatan untuk melihat perairan dari teleskop mereka, langkah mereka terhenti.

Hal ini terjadi karena air mengelilingi lubang hitam besar yang disebut quasar, yang berjarak lebih dari 12 miliar tahun cahaya.

Sayangnya airnya tidak bisa dilihat dari teleskop.

Pengamatan yang dilakukan para ilmuwan telah mengungkap masa ketika alam semesta baru berusia 1,6 miliar tahun.