Harvard Ganti Sampul Buku dari Kulit Manusia di Perpustakaannya

Sabtu, 30 Maret 2024 - 16:21 WIB
loading...
Harvard Ganti Sampul...
Buku Des destinées de l’âme yang ditulis oleh penulis Perancis Arsene Houssaye. (Foto: Interesting Engineering)
A A A
JAKARTA - Universitas Harvard termasuk salah satu kampus terbaik di dunia. Namun siapa sangka di perpustakaannya selama ini terdapat buku yang dijilid menggunakan kulit manusia.

Interesting Engineering melansir, Sabtu (30/03/2024), buku Des destinées de l’âme yang ditulis oleh penulis Perancis Arsene Houssaye pertama kali diterbitkan pada tahun 1879. Ini adalah buku tentang meditasi jiwa dan kehidupan setelah kematian.

Sepuluh tahun lalu, perpustakaan mengadakan uji penjilidan. Dari proses itu diketahui bahwa buku tersebut memiliki sampul dari kulit manusia. Universitas Harvard akhirnya memutuskan mengganti sampul buku tersebut dengan alasan etika.

Buku tersebut telah menjadi koleksi Perpustakaan Harvard sejak 1934. Menurut data, buku tersebut diterima atas titipan seorang diplomat Amerika, pengusaha, dan alumnus Harvard, John B Stetson. Pada tahun 1944 buku tersebut dipindahkan dari Perpustakaan Widener ke Perpustakaan Houghton. Sepuluh tahun kemudian, disumbangkan ke Perpustakaan Houghton.



Pemilik pertama buku tersebut, Dr Ludovic Bouland, seorang dokter dan bibliofil Perancis, mengikat buku tersebut dengan kulit manusia. Catatan tulisan tangannya yang ditemukan dalam buku tersebut mengatakan bahwa “sebuah buku tentang jiwa manusia layak mendapat sampul manusia.” Ia juga menjelaskan proses yang digunakan untuk merawat kulit.

Ada indikasi Bouland mengikat buku itu dengan kulit yang diambil dari seorang wanita semasa menjadi mahasiswa kedokteran. Menurut memo yang ditulis oleh John Stetson, Bouland mengambil kulit ini dari tubuh wanita yang sudah meninggal. Seperti yang diyakini, itu adalah pasien dari rumah sakit jiwa Perancis.

Keputusan untuk menghilangkan kulit manusia dari sampul buku terjadi setelah pihak perpustakaan melakukan peninjauan terhadap pengelolaan buku tersebut. Keputusan tersebut dipicu oleh saran dari laporan Komite Pengarah Universitas Harvard tentang Peninggalan Manusia di Koleksi Museum Universitas.

“Kami meminta maaf atas nama Perpustakaan Harvard atas kegagalan kami di masa lalu dalam pengelolaan buku yang semakin mengobjektifikasi dan mengkompromikan martabat manusia di pusat tersebut,” kata Tom Hyry, Pustakawan Universitas Associate untuk Arsip dan Koleksi Khusus.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2373 seconds (0.1#10.140)