Universitas Harvard Sebut Sujud Terapi Terbaik untuk Sakit Punggung

Rabu, 23 Agustus 2023 - 11:39 WIB
loading...
Universitas Harvard Sebut Sujud Terapi Terbaik untuk Sakit Punggung
Sujud terbukti secara ilmiah sebagai terapi terbaik untuk mengatasi sakit punggung. (Foto: Harvard Health)
A A A
JAKARTA - Sujud ternyata memiliki manfaat kesehatan luar biasa. Tak sekadar klaim, hal ini dibuktikan secara ilmiah oleh para peneliti dari Universitas Harvard.

Baru-baru ini, Universitas Harvard memposting di situs resminya bahwa sujud adalah postur terbaik untuk melawan sakit punggung tanpa harus menjalani operasi atau prosedur medis.

Dikutip dari The Islamic Information, Rabu (23/8/2023), sakit punggung adalah salah satu masalah paling umum di dunia medis, dialami lebih dari 1 juta orang di seluruh dunia setiap tahunnya.

Banyak pasien memilih pengobatan medis dan beberapa bahkan menjalani operasi untuk menghilangkannya. Namun, selain berbiaya mahal masih ada risiko efek samping jangka panjang.



Menurut keterangan di laman Harvard Health, ada cara sederhana untuk menghilangkan rasa sakit punggung. Dalam postingan terbaru di Twitter, Harvard Health mengklaim postur sujud sebagai obat terbaik untuk mengatasi sakit punggung.

Sujud adalah salah satu dari 17 rukun dalam sholat. Rukun sholat lainnya adalah niat, takbiratul ikhram, berdiri bila mampu, membaca Al Fatihah, rukuk, tuma’ninah, iktidal, juga dengan tuma’ninah, duduk di antara dua sujud, juga dilakukan dengan tuma’ninah, membaca tasyahud, duduk, membaca shalawat atas nabi, membaca salam, dan runtut atau tertib.



Sujud dilakukan dengan cara berlutut dan rukuk hingga dahi , hidung, kedua tangan, kedua lutut, dan jari kaki menyentuh tanah.

Selain bermanfaat mengatasi sakit punggung, sujud juga terbukti meningkatkan pengiriman oksigen ke jaringan dan sirkulasi darah, yang mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan. Manfaat lain dari sujud adalah mampu mengurangi kecemasan, depresi, dan stres.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3950 seconds (0.1#10.140)