Jawaban Menakutkan Mengapa Sungai Colorado Tidak Lagi Mencapai Laut Terkuak

Senin, 01 April 2024 - 06:47 WIB
loading...
Jawaban Menakutkan Mengapa Sungai Colorado Tidak Lagi Mencapai Laut Terkuak
Skema lintasan Sungai Colorado di Amerika Serikat. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
COLORADO - Sungai Colorado , ikon Amerika Utara yang mengalir melewati Pegunungan Rocky dan Grand Canyon, kini menghadapi kenyataan pahit: airnya tidak lagi mencapai laut. Sebuah studi baru menguak alasan di balik fenomena ini, yang menimbulkan kekhawatiran serius.



Sungai sepanjang 2.300 kilometer ini merupakan sumber air vital bagi lebih dari 40 juta orang di tujuh negara bagian dan 2 juta hektare lahan pertanian..

Dua waduk terbesar di negara ini berada di Sungai Colorado. Ketinggian air di Danau Powell telah menurun tajam selama dua dekade kekeringan besar.

Selama hampir 6 juta tahun keberadaannya, Sungai Colorado mengalir dari Continental Divide, tinggi di Pegunungan Rocky, ke bawah dan ke barat, melewati hutan dan batu merah, hingga delta subur di ujung paling utara Teluk California.

Turunannya yang berkelok-kelok mengukir, di antara keajaiban-keajaiban lainnya, apa yang sekarang disebut Grand Canyon.

Kekeringan besar di Barat mengungkap 'taman nasional yang hilang' di Amerika

Saat ini, Colorado begitu tersedot dan terhambat oleh kanal dan bendungan sehingga hanya setetes air saja yang bisa mencapai laut. Ujungnya sekarang menjadi dataran garam.

Sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal Communications Earth & Environment, mengamati ke mana perginya semua air tersebut.

Sembilan belas persen Sungai Colorado dikonsumsi oleh lingkungan alami – lahan basah dan daerah tepi sungai, demikian temuan studi tersebut. Sisanya dimanfaatkan masyarakat, terutama untuk menanam pakan ternak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1641 seconds (0.1#10.140)