Ingin Tahu Prediksi Cuaca saat Mudik? Cek Layanan DWT BMKG

Rabu, 03 April 2024 - 13:58 WIB
loading...
Ingin Tahu Prediksi Cuaca saat Mudik? Cek Layanan DWT BMKG
BMKG memprediksi hujan akan terjadi saat periode mudik Lebaran pada tanggal 5 hingga 11 April 2024. (Foto: BMKG)
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat akan berpotensi terjadi pada saat periode mudik Lebaran pada tanggal 5 hingga 11 April 2024.

“Untuk cuaca ekstrem kita prediksi tanggal 5 sampai 11, itu masih hujan sedang hingga lebat ya,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto.

Selanjutnya dia mengatakan cuaca ekstrem akan mulai berkurang pada tanggal 12 April 2023. “Namun, setelah itu tanggal 12, itu adalah sudah berkurang mulai hujan ringan.”

Lebih lanjut, Guswanto mengatakan bahwa saat ini ada aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO), adanya daerah konvergensi, Bibit Siklon Tropis, hingga Siklon Tropis Megan yang masih berpotensi membuat cuaca ekstrem di wilayah Indonesia.



“Memang saat ini masih ada aktivitas Madden Julian Oscillation sama daerah konvergensi antar-tropik dan bibit siklon tropis serta siklon tropis Megan. Harapannya, ke depan dalam itu sudah selesai,” ujar Guswanto.

Untuk memudahkan para pemudik, BMKG telah menyediakan Link Digital Weather for Traffic (DWT) atau informasi cuaca mudik lebaran 2024 dari seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: BMKG Minta Peringatan Dini Cuaca Ditampilkan di Jalur Tol Mudik

Beberapa fitur yang bisa digunakan para pemudik antara lain prakiraan cuaca (jalur darat, cuaca rute perjalanan, cuaca kecamatan, cuaca bandar udara, cuaca pelabuhan, cuaca penyeberangan, cuaca KAI DAOP IV). Layanan DWT BMKG dapat diakses di https://signature.bmkg.go.id/dwt/.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)