7 Penemuan Menakjubkan di Planet Merkurius

Jum'at, 19 April 2024 - 23:00 WIB
Dibandingkan dengan kawah tubrukan Merkurius, yang berusia sekitar 4 miliar tahun, depresi merupakan formasi geologi yang relatif muda, rata-rata berusia sekitar 100.000 tahun. Para ilmuwan yakin lubang-lubang tersebut masih terbentuk. Dan rongga hanya ada di Merkurius. Tidak ada objek lain di tata surya yang memiliki bopeng serupa.

Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah mengonfirmasi pembentukan struktur lebih lanjut di Merkurius. Medan yang kacau – punggung gunung yang rumit – membelah daratan yang luas. Beberapa peneliti percaya lanskap yang kacau ini adalah hasil dari zat-zat yang mudah menguap yang keluar dari tanah hingga kehilangan integritas strukturalnya dan runtuh. Ilmuwan lain percaya lanskap yang kacau ini terjadi setelah gelombang tumbukan asteroid mengorbit planet ini dan berkumpul di sisi lain planet ini.

7. Merkurius pernah aktif secara vulkanik

Topografi Merkurius memberikan bukti bahwa gunung berapi pernah memuntahkan lava ke Bumi. Mariner 10 melakukan pengamatan pertama, dan kemudian MESSENGER memastikan bahwa benda bercahaya tersebar di permukaan Merkurius. Setiap tingkat menunjukkan akumulasi lava yang rata di atas kawah atau punggung bukit tua. Para peneliti percaya vulkanisme magmatik Merkurius berhenti antara sekitar 1 miliar dan 3,5 miliar tahun lalu, karena pendinginan dan kontraksi planet ini menyumbat jalur keluar magma.

Merkurius juga menunjukkan tanda-tanda aktivitas vulkanik jenis lain: ledakan. Lubang yang tidak beraturan, berdiameter beberapa kilometer dan kedalaman lebih dari tiga kilometer, menandai gunung berapi piroklastik purba yang meledak dengan sendirinya. Lubang-lubang tersebut dikelilingi oleh endapan yang diyakini para peneliti sebagai hasil ledakan.

Para ahli mengatakan letusan gunung berapi jenis ini kemungkinan besar disebabkan oleh volatil di bawah tanah. Ketika bahan kimia yang terkubur ini naik ke permukaan, volumenya meningkat. Akhirnya, tekanan gas meningkat dan gunung berapi tersebut meledak seperti balon penuh.

MG/Muhammad Rauzan Ranupane Ramadan