15 Penemuan Paling Aneh dan Unik di Dunia

Kamis, 23 Mei 2024 - 07:25 WIB
loading...
15 Penemuan Paling Aneh dan Unik di Dunia
Mobil kapal selam sQuba seperti mobil listrik menggunakan baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang. (Foto: Science Focus)
A A A
JAKARTA - Penemuan terbaik memberikan solusi praktis terhadap permasalahan sehari-hari. Namun, terkadang ada penemuan paling aneh dan unik di dunia.

Sebuah penemuan bisa dianggap aneh karena mencoba memecahkan masalah yang tidak ada, atau mencoba menyelesaikannya dengan cara yang sangat aneh dan unik .

Melansir Science Focus, Kamis (23/5/2024), berikut 15 penemuan paling aneh dan unik di dunia :

1. Necomimi


Pada 2011, para penemu mengembangkan perangkat baru yang menggabungkan pengetahuan teknologi Jepang dengan pesona seperti binatang. Muncullah Necomini, alat telinga kucing yang dikendalikan oleh gelombang otak pengguna. Saat pengguna berkonsentrasi, perangkat mirip telinga kucing itu akan terangkat. Saat telinga tertunduk, maka menandakan pengguna berada dalam keadaan rileks.

Meskipun penemuan ini aneh, popularitasnya tinggi di kalangan cosplayer. Peminatnya bisa membelimya di sejumlah tempat di Jepang seharga Rp1,8 juta.


2. Sepeda motor unicycle


Dynasphere didedain seperti roda motor berjalan yang bisa meluncur dengan kecepatan tertinggi 48 Km/jam. Bahan bakar mesinnya didukung oleh bensin ataupun listrik.

Masalah keamanan terlihat jelas karena dengan desain setinggi tiga meter membuat operasionalnya tidak terlalu praktis. Kendaraan bermotor ini juga sulit untuk bermanuver dan rentan terhadap fenomena yang disebut gerbiling, yaitu pengereman mendadak yang dapat membuat pengemudi terlempar ke dalam seperti gerbil di atas roda.

3. Toma-tan


Produsen jus asal Jepang, Kagome menciptakan alat unik untuk makan tomat saat lari maraton. Sayangnya, prototipe ini dibuat untuk tujuan iklan saja dan saat ini tidak tersedia untuk dibeli.

4. Ban Bersinar


Pada 1960an, produsen ban Goodyear punya ide menarik. Mereka menawarkan warna ban yang berbeda agar tampak bagus dalam gelap. Namun, ternyata performanya buruk dalam kondisi basah. Selain itu, ban cenderung meleleh saat pengereman keras sehingga tidak ideal untuk alasan keselamatan. Maka, ide tersebut pun dibatalkan.


5. Topi Demam


Kawakami Kenji dikenal sebagai raksasa di dunia penemuan aneh. Mulai dari menciptakan kata chindogu yang berarti alat aneh dan menemukan ratusan benda aneh serta tidak masuk akal. Salah satunya termasuk payung mini untuk sepatu, corong tetes mata, dan sarung tangan tentara Swiss.

Lalu ada topi demam yang terus-menerus mengeluarkan kertas untuk mengatasi bersin akibat penyakit musiman. Sebuah solusi yang tidak elegan untuk masalah kuno, namun tetap merupakan solusi.

6. Kacamata Tempat Tidur


Kacamata baca Hamlin didesain agar penggunanya bisa membaca sambil berbaring. Sistem cermin seperti periskop memungkinkan pemakainya membaca pada sudut 45 derajat. Bisa juga digunakan untuk mengawasi kaki penggunanya saat berjalan.

7. Mesin Mengeong Kucing


Ingin tahu semua manfaat memelihara kucing, tanpa benar-benar memelihara kucing? Ada sebuah penemuan tak berguna dari Jepang pada 1960an tidak memberi manfaat. Perangkat ini dirancang untuk menakut-nakuti tikus, tetapi tidak dapat menipu hewan pengerat manapun.

8. Bantal Tidur Siang


Bantal tidur Ostrichpillow yang asli sungguh luar biasa. Penggunanya dapat tidur siang dengan nyaman di meja, menghalangi cahaya dan kebisingan, mengurangi ketegangan pada kepala sekaligus memungkinkan bernapas melalui hidung dan mulut.


9.Mobil Kapal Selam


Dalam film The Spy Who Loved Me tahun 1977, James Bond berenang sebentar dengan Lotus Esprit. Meskipun Esprit bukanlah kapal selam fungsional seperti yang diiklankan, hal itu tidak menghentikan Rinspeed, produsen mobil Jerman untuk merancang kapal selamnya sendiri.

Kendaraan yang dikenal dengan nama sQuba berwujud seperti mobil sport listrik tanpa emisi yang menggunakan energinya dari baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang.Jika terendam seluruhnya, alat ini bisa menyelam hingga kedalaman 10 meter dan mencapai kecepatan 3 kilometer per jam. Meskipun mendapat banyak pemberitaan positif, mobil tersebut tidak pernah berhasil melewati tahap prototipe.

10. Pelindung Kumis


Pada 1876, Virgil Gates dari Amerika Serikat mengajukan paten untuk pelindung yang dirancang untuk menjaga kumis tetap bersih dan kering saat makan dan minum. Alat pelindungnya terbuat dari karet atau logam dan diikatkan pada dua tali elastis yang menutupi telinganya. Tentu saja perlindungan ini tidak begitu populer.

11. Sepeda Fliz


Fliz memang terlihat seperti sepeda, namun memiliki banyak kesamaan dengan skuter. Fliz mengingat kembali masa sebelum sepeda, ketika mesinnya diciptakan oleh Baron Karl Dreiss lebih dari 200 tahun yang lalu. Seperti Friz, sepeda awal ini tidak memiliki rantai dan pengendaralah yang menyediakan semua tenaga penggeraknya.

Perbedaan utamanya, posisinya digantung pada rangka dan di atas sepeda, bukan diletakkan di jok. Berkat rangka serat karbon, sepeda ini ringan dan modern, tapi mungkin tidak akan banyak berguna bagi semua orang.

12. Pet Rock


Jauh sebelum Tamagotchi dan simulasi permainan komputer, jika ingin memelihara hewan peliharaan tanpa repot, sudah ada Pet Rock.Untuk sesaat dalam sejarah, ini menjadi mainan terlaris di Amerika Serikat, tetapi setelah enam bulan penjualan mulai menurun dan Pet Rock segera dihentikan produksinya pada Februari 1976.

Bentuknya seperti batu yang dilukis menyerupai mata. Mainan batu ini diletakkan dalam sebuah kotak berlubang dengan kertas yang dibentuk seperti sarang burung. Penciptanya Gary Dahl ini menciptakan sebuah perasaan memiliki hewan peliharaan dengan banderol harga sekira Rp 40 ribu.

13. Tempat Tidur Berbentuk V


Pakar budaya fisik Jerman Joseph Pilates dikenal sebagai pencipta teknik olahraga dan pelatihan yang populer. Ia juga dikenal sebagai penemu dan desainer tempat tidur.

Setelah berimigrasi ke Amerika Serikat, ia merancang tempat tidur berbentuk V dan mengajukan paten pada 1930. Pilates percaya bahwa tempat tidur tradisional tidak cukup nyaman dan desain barunya akan membantu menjaga punggung tetap lurus dan memberikan lebih banyak dukungan pada lengan dan kaki. Namun, masyarakat sepertinya tidak setuju dengan hal tersebut.

14. Tempat Sereal Kepala Derek


Seniman dan penemu Dominic Wilcox telah menciptakan beberapa desain aneh, termasuk batang hidung untuk menggunakan ponsel cerdas saat mandi.Salah satu perangkat ciptaannya, yaitu tempat sereal hidrolik yang dipasang di kepala. Penggunanya mendorong dan menarik piston, lalu dapat menggerakkan lengan dan menuangkan sereal dari kotak ke mangkuk. Jika sudah siap, tambahkan susu ke dalam mangkuk. Untuk beberapa alasan aneh, perangkat ini belum dijual.

15. Kandang Bayi


Kandang bayi menjadi ide yang buruk untuk orang yang tinggal di apartemen dengan akses terbatas terhadap ruang hijau. Awalnya ini dianggap sebagai solusi yang baik agar bayi mendapatkan udara segar. Penemunya telah diadili di berbagai tempat di seluruh dunia, termasuk New York dan London, namun untungnya tidak ada orangtua yang tertarik untuk menggantung bayinya di luar jendela.

MG/Muhammad Rauzan Ranupane Ramadan
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2421 seconds (0.1#10.140)
pixels