Punya Militer Terkuat di Dunia, Ini 4 Jet Tempur Andalan Israel

Sabtu, 01 Juni 2024 - 07:56 WIB
loading...
Punya Militer Terkuat di Dunia, Ini 4 Jet Tempur Andalan Israel
Jet tempur siluman F-35 Lightning II generasi ke-5 menjadi salah satu andalan Israel. (Foto: Lockheed Martin)
A A A
JAKARTA - Israel termasuk dalam 20 besar negara yang memiliki militer terkuat di dunia. Paramaternya dari deretan jet tempur andalan Israel.

War Power Israel melansir, Sabtu (1/6/2024) indeks Global Fire Power (GFP) menempatkan Israel di peringkat 17 dari 145 negara. Detailnya, Israeli Air Force (IAF) memiliki total 656 unit tempur udara dengan spesialisasi masing-masing setiap jenis unitnya.

Israel sangat bergantung pada dukungan militer dan Alutsista Amerika Serikat, sehingga kekuatan tempur yang dimilikinya tidak jauh berbeda dari negara induk semangnya. Maka, berikut ini deretan jet tempur andalan Israel.

1. F-16C/I (Sufa)


Pesawat tempur ringan F-16 Fighting Falcon Amerika yang populer menjadi salah satu kekuatan IAF saat ini. Total ada 175 unit aktif dalam operasionalnya. Pesawat ini terbukti menjadi komoditas medan perang karena mampu melakukan serangan udara ke udara dan udara ke darat. Daya hancur pun sangat tinggi dengan kekhasan memiliki bentuk kursi tunggal dan ganda.


2. F-15A/C


Jet tempur lainnya yang kini mengudara di Israel, yaitu F-15 Eagle. Jet bermesin ganda ini tersedia dalam model A dan C yang menjadi komponen kuat dalam respons pertahanan dan penyerangan Israel. Lantaran mampu melakukan serangan udara ke udara dan darat ke darat menggunakan kecepatan supersonik. F-15 ini tersedia sebanyak 84 unit.

3. F-35I (Adir)


IAF telah memesan sekitar 75 unit pesawat tempur siluman F-35 Lightning II generasi ke-5. Model ini menjadi versi terbaru dari F-35I konvensional A2A/A2G yang konsisten dengan yang diadopsi secara massal oleh negara-negara Eropa. Pesawat ini mewakili pesawat termodern di IAF yang mampu menjatuhkan amunisi berpemandu presisi, meluncurkan rudal serangan darat, dan berpatroli di langit.


4. F-15I (Ra’am)


Pesawat ini mempertahankan konfigurasi mesin ganda dengan dua awak untuk membagi pekerjaan dalam misi. Jet tempur ini terbukti kelihaiannya dalam Perang Teluk 1991 dan tetap menjadi andalan di Angkatan Udara AS. IAF juga tercatat memiliki 25 unit jenis ini.

Deretan jet tempur andalan Israel tadi melengkapi status negara berkekuatan militer dengan skor sebesar 0,2596.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2017 seconds (0.1#10.140)
pixels