Bikin Israel Kelimpungan, Ini Deretan Persenjataan Mematikan Hizbullah

Rabu, 05 Juni 2024 - 20:13 WIB
loading...
Bikin Israel Kelimpungan, Ini Deretan Persenjataan Mematikan Hizbullah
Para pejuang Hizbullah sukses membuat militer Israel kelimpungan. (Foto: AFP)
A A A
JAKARTA - Para pejuang Hizbullah sukses membuat militer Israel kelimpungan. Betapa tidak, akhir-akhir ini mereka berhasil menembak jatuh drone-drone canggih bernilai fantastis milik Israel. Di sisi lain, drone-drone kamikaze Hizbullah serta roket-roketnya mampu menembus pertahanan udara Israel sehingga memasuki wilayah negara zionis tersebut.

Tercatat, dua drone senilai Rp97 miliar Hermes-900 milik Israel berhasil ditembak jatuh di atas kota Deir Kifa, Lebanon Selatan pada Sabtu 1 Juni 2024 lalu dan 6 April 2024. Kemudian, Hizbullah juga sukses menembak jatuh drone Hermes 450 seharga USD2 juta per unit di Lebanon selatan pada akhir Februari lalu.

Salah satu rudal anti-pesawat milik Hizbullah juga berhasil menghindari rudal David's Sling Israel yang ditembakkan untuk mencoba mencegat proyektil tersebut. Selanjutnya pada Februari 2024, Hizbullah juga sukses membajak dan menyita drone pengintai Skylark Israel.

Tak hanya sukses menaklukkan drone-drone canggih Israel, drone Hizbullah juga tercatat mampu menembus wilayah Galilee Panhandle di Israel utara dan mengakibatkan kebakaran hebat.

Singkat kata, kekuatan Hizbullah yang disokong Iran tak bisa dipandang sebelah mata. Aksi protes mereka atas kekejian Israel terhadap warga Palestina di Gaza dan Rafah diwujudkan dalam bentuk nyata. Pada pekan ini, Hizbullah kembali mengeluarkan peringatan kepada Israel terkait konflik yang sedang berlangsung di Gaza. Wakil komandan militer kelompok tersebut, Naim Qassem, menyatakan siap untuk terlibat dalam konflik skala penuh jika diperlukan.


SejarahHizbullah


Dilansir dari News Week, Kelompok militan Hizbullah muncul selama perang saudara Lebanon pada tahun 1980-an. Kelompok ini awalnya dibentuk sebagai respons terhadap pendudukan Israel. Israel menduduki Lebanon Selatan selama beberapa dekade hingga militer Israel mundur pada tahun 2000.

Sayap militer Hizbullah dianggap lebih kuat daripada tentara nasional Lebanon dan telah terlibat dalam banyak konflik, termasuk dengan Israel. Persenjataan Hizbullah telah menjadi pusat ketegangan dan kekhawatiran bagi aktor regional dan internasional.

Persenjataan Mematikan Hizbullah


Hizbullah mendapat dukungan dan pasokan senjata dari Iran. Tak heran kekuatan militernya cukup mumpuni dengan sokongan roket-roket canggih, drone, serta persenjataan lainnya.
Berikut deretan senjata yang dimiliki Hizbullah, menurut laporan dari Reuters.

1. Roket dan Rudal


Hizbullah diperkirakan memiliki lebih dari 150.000 rudal dan roket. Mulai dari roket artileri tak terarah hingga rudal berpemandu presisi. Mayoritas roket Hizbullah buatan Iran seperti Raad, Fajr, dan Zilzal, serta roket buatan Rusia seperti Katyusha. Hizbullah juga memodifikasi roket tak terarah dengan sistem pemandu presisi, memungkinkan untuk mengenai target spesifik di seluruh Israel.


2. Rudal Anti-Tank


Hizbullah memiliki rudal anti-tank canggih, termasuk Kornet buatan Rusia dan Toophan buatan Iran, yang merupakan hasil rekayasa ulang dari rudal TOW buatan Amerika. Senjata ini telah digunakan secara efektif melawan militer Israel, termasuk selama Perang Lebanon 2006.

3. Rudal Anti-Pesawat


Meskipun Hizbullah kadang-kadang menggunakan rudal permukaan-ke-udara, efektivitasnya masih dipertanyakan. Namun, baru-baru ini, Hizbullah sukses menembak jatuh drone Israel menggunakan rudal semacam itu, menandai potensi peningkatan kemampuan pertahanan udaranya.

4. Rudal Anti-Kapal


Hizbullah telah menunjukkan kemampuan anti-kapal, terutama dengan menembak kapal perang Israel dengan rudal selama konflik 2006. Kelompok ini diyakini memiliki rudal anti-kapal Yakhont buatan Rusia, yang dapat menargetkan infrastruktur lepas pantai dan kapal-kapal angkatan laut.


5. Drone


Hizbullah menggunakan drone terutama untuk pengintaian dan operasi ofensif. Drone ini, seperti model Ayoub dan Mersad yang dirakit secara lokal, relatif murah untuk diproduksi dan dapat membebani sistem pertahanan Iron Dome Israel.

6. Roket dan Rudal Serangan Darat


Hizbullah memiliki model roket dan rudal serangan darat buatan Iran. Hassan Nasrallah, pemimpin Hezbollah, mengatakan pada 2022 bahwa pihaknya memiliki kemampuan untuk memodifikasi roket dengan sistem pemandu untuk menjadikannya rudal presisi. Roket yang telah ditembakkan ke Israel oleh Hizbullah sejak awal konflik Gaza termasuk roket Katyusha dan Burkan.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)
pixels