Viral Fenomena Awan Berlubang di Langit Jember, Netizen: Tanda Bencana?

Rabu, 05 Juni 2024 - 11:25 WIB
loading...
Viral Fenomena Awan Berlubang di Langit Jember, Netizen: Tanda Bencana?
Lubang fallstreak juga dikenal sebagai awan lubang pukulan yang merupakan celah besar berbentuk lingkaran di awan cirrocumulus atau altocumulus. Foto: ist
A A A
JEMBER - Viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan fenomena awan berbentuk aneh di langit Jember, Jawa Timur.

Hal tersebut langsung menarik perhatian warganet dan dikaitkan dengan pertanda akan terjadinya sebuah bencana alam di Indonesia.

Video yang memperlihatkan fenomena awan itu diunggah oleh akun TikTok @efiyfakiyza. Fenomena awan itu terlihat terjadi di depan sebuah sekolah yang juga disaksikan okeh puluhan siswa yang sedang menikmati waktu istirahat.

"Fenomena alam guys, Allahuakbar, Subhanallah, apa ini ya? Kayak kolam renang lho. Tapi yo kayak rusuk juga," ujar wanita sang perekam video tersebut.

Dalam video tersebut terlihat awan memenuhi langit pada siang hari. Tapi ada bagian seperti tertarik ke bawah yang menciptakan sebuah gundukan. Bahkan, lubang yang tercipta cukup besar, sehingga cukup mengerikan.

Fenomena Awan Fallstreak
Viral Fenomena Awan Berlubang di Langit Jember, Netizen: Tanda Bencana?

Setelah ditelusuri, itu merupakan fenomena awan yang dinamakan 'Fallstreak'. Lubang fallstreak juga dikenal sebagai "awan lubang pukulan" yang merupakan celah besar berbentuk lingkaran atau elips yang dapat muncul di awan cirrocumulus atau altocumulus.

Melansir National Weather Service, proses terjadinya Fallstreak akibat awan tingkat tinggi hingga menengah, seperti altocumulus, sering kali terdiri dari tetesan air kecil yang jauh lebih dingin daripada titik beku, namun belum membeku.

Tetesan air yang sangat dingin ini memerlukan alasan untuk membeku, yang biasanya berbentuk kristal es. Pesawat yang melewati lapisan awan dapat memunculkan kristal es tersebut.

Setelah kristal es masuk dalam kumpulan awan, tetesan air dengan cepat membeku, berkembang, dan mulai turun. Ini menyebabkan sebuah lubang, yang akan mulai melebar saat tetesan di sekitarnya mulai membeku.

Baca Juga:

Warganet yang belum mengetahui fenomena tersebut mengaitkannya dengan tanda terjadinya bencana alam di Indonesia. Mereka meminta semua orang di Jawa Timur, khususnya Jember, untuk tetap waspada.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4569 seconds (0.1#10.140)
pixels