Awan Es di Atmosfer Bumi Bantu Prediksi Perubahan Iklim, NASA Teliti Lebih Dalam

Senin, 05 Juni 2023 - 20:35 WIB
loading...
Awan Es di Atmosfer Bumi Bantu Prediksi Perubahan Iklim, NASA Teliti Lebih Dalam
NASA mengembangkan proyek Polarized Submillimeter Ice-cloud Radiometer atau PolSIR untuk meneliti lebih dalam tentang awan es di atmosfer Bumi. Foto/NASA
A A A
WASHINGTON - NASA mengembangkan proyek Polarized Submillimeter Ice-cloud Radiometer atau PolSIR untuk meneliti lebih dalam tentang awan es di atmosfer Bumi. Misi ini untuk membantu memahami bagaimana awan es merespons perubahan iklim dan bagaimana pengaruhnya terhadap iklim di masa depan.

Polarized Submillimeter Ice-cloud Radiometer (PolSIR) milik NASA adalah instrumen yang dirancang untuk mempelajari awan es yang terbentuk tinggi di atas wilayah tropis dan subtropis Bumi. Sepasang sensor yang relatif murah ini akan dipasang pada dua satelit kecil dan diluncurkan ke orbit Bumi yang rendah.

Instrumen ini akan mengumpulkan data tentang bagaimana awan es berubah selama sehari. Data tersebut akan membantu para ilmuwan lebih memahami bagaimana awan es ini merespons perubahan iklim.



“Mempelajari awan es sangat penting untuk meningkatkan perkiraan iklim dan ini akan menjadi pertama kalinya kami dapat mempelajari awan es secara detail,” kata Nicola Fox, Administrator Asosiasi untuk Direktorat Misi Sains di Markas Besar NASA di Washington, dikutip SINDOnews dari laman Space, Senin (5/6/2023).

Peralatan untuk misi ini adalah dua pasang radiometer yang identik, yang akan mengukur radiasi elektromagnetik yang keluar dari awan. Radiometer akan merekam radiasi infra merah pada dua frekuensi berbeda: 325 dan 680 gigahertz.

Setiap pasang radiometer akan melakukan perjalanan di atas sebuah cubesat, sebuah satelit mini yang tingginya sedikit lebih dari satu kaki. Kedua kubus akan mengorbit antara tiga dan sembilan jam terpisah, memungkinkan mereka untuk terus mengumpulkan data di awan es selama 24 jam.

"Radiometer, yang mengukur energi pancaran yang dipancarkan oleh awan, akan secara signifikan meningkatkan pemahaman kita tentang bagaimana awan es berubah dan merespons sepanjang hari," kata Karen St Germain, Pemimpin Divisi Ilmu Bumi NASA.



PolSIR adalah bagian dari kelas misi Earth Venture NASA, sekelompok misi yang relatif murah untuk menjelajahi Bumi dan meningkatkan kemampuan untuk memprediksi perubahan di masa depan. Misi Earth Venture dipilih melalui aplikasi hibah kompetitif yang terbuka.

Misi tersebut bergabung dengan banyak misi NASA lainnya yang berfokus pada Bumi, termasuk eksperimen TROPICS yang baru diluncurkan dan misi TEMPO, keduanya juga misi Earth Venture. PolSIR dijadwalkan untuk diluncurkan pada tahun 2027.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2609 seconds (0.1#10.140)