Ilmuwan Yakin Iklim di Bumi Berubah Akibat Anomali Antarbintang

Minggu, 16 Juni 2024 - 09:38 WIB
Ilmuwan Yakin Iklim di Bumi Berubah Akibat Anomali Antarbintang
Anomali Antarbintang ubah iklim di Bumi. FOTO/ DAILY.
LONDON - Para ilmuwan meneliti Bumi dan langit untuk mencari petunjuk tentang sejarah iklim planet kita. Letusan gunung berapi besar dan berkepanjangan dapat mengubah iklim dalam jangka waktu lama, dan keluaran Matahari dapat mengubah iklim Bumi selama jutaan tahun.

Tetapi bagaimana dengan awan hidrogen antarbintang? Bisakah wilayah gas dan debu ini mengubah iklim Bumi saat planet kita berpapasan dengannya?

Awan antarbintang tidak semuanya sama. Ada yang tipis, dan ada yang lebih padat. Penelitian baru di Nature Astronomy menunjukkan bahwa Tata Surya kita mungkin telah melewati salah satu awan tebal dua atau tiga juta tahun lalu.

Dampaknya bisa mengubah susunan kimia atmosfer Bumi, memengaruhi pembentukan awan, dan iklim.

Penelitian ini berjudul "Kemungkinan paparan langsung Bumi terhadap medium antarbintang yang padat dan dingin 2–3 Myr yang lalu." Penulis utamanya adalah Merav Opher dari Radcliffe Institute for Advanced Study di Universitas Harvard dan Departemen Astronomi di Universitas Boston.

Para peneliti menggunakan simulasi komputer untuk mempelajari bagaimana awan antarbintang padat dapat memengaruhi Bumi.

Mereka menemukan bahwa awan antarbintang mengandung molekul dan atom yang tidak ditemukan di atmosfer Bumi.

Ketika awan melewati Bumi, molekul dan atom ini dapat dimasukkan ke atmosfer, yang dapat mengubah sifat kimia atmosfer.

Awan antarbintang dapat menyediakan partikel baru yang dapat bertindak sebagai tempat kondensasi air, yang dapat menyebabkan lebih banyak awan terbentuk.