Temuan Grafiti Penggembala Ungkap Kuil Kuno di Parthenon

Jum'at, 21 Juni 2024 - 21:59 WIB
loading...
Temuan Grafiti Penggembala Ungkap Kuil Kuno di Parthenon
Kuil Kuno di Parthenon. FOTO/ IFL Science
A A A
MILAN - Sebuah penemuan menarik di Yunani menunjukkan kemungkinan keberadaan kuil kuno di lokasi Parthenon yang terkenal saat ini.



Penemuan ini didasarkan pada ukiran batu yang ditemukan 20 kilometer dari Athena, yang menggambarkan sebuah kuil tak dikenal yang berdiri di tempat yang sama.

Yang menarik, ukiran ini, yang berusia 50 tahun lebih tua dari Parthenon, menggunakan istilah "Hekatompedon", yang sebelumnya membingungkan para arkeolog.

Diterjemahkan, Hekatompedon berarti "bangunan setinggi 100 kaki (30 meter)". Istilah ini muncul dalam dekrit kuno yang merujuk pada periode sebelum serangan Persia dan pembangunan Parthenon, yaitu antara 480 dan 450 SM.

Seperti dilansir dari IFL Science, Dekrit ini menyebutkan tentang tempat penyimpanan harta karun, sehingga para arkeolog memperdebatkan apakah Hekatompedon merujuk pada kuil atau halaman terbuka untuk menyimpan harta di Acropolis.

Ukiran ini, yang ditandatangani oleh Mikon, diyakini dibuat oleh seorang penggembala di Vari, 20 kilometer dari Athena. Ukiran ini tidak hanya menunjukkan nama Mikon dan kata Hekatompedon, tetapi juga gambar sebuah kuil.

Menurut Janric van Rookhuijzen, rekan penulis penemuan ini dari Radboud University, "Grafiti gambar Mikon yang baru diterbitkan ini sangat penting. Jika Mikon menyebut kuil yang digambarnya sebagai Hekatompedon, kemungkinan besar istilah Hekatompedon dalam dekrit tersebut juga merujuk pada kuil yang sama. Memang, Parthenon yang berdiri di atas bukit saat ini dulunya disebut Hekatompedon."

Lebih dari 2.000 grafiti telah ditemukan di lokasi ini, yang dibuat oleh para penggembala dan penggembala kambing.

Tim peneliti, yang dipimpin oleh Merle Langdon dari University of Tennessee, menentukan bahwa gambar kuil Mikon tidak mungkin merujuk pada Parthenon yang kita kenal sekarang (kecuali kelereng yang dicuri oleh Inggris).

Penemuan ini membuka kemungkinan menarik tentang keberadaan kuil kuno di lokasi Parthenon sebelum pembangunannya.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengungkap lebih banyak tentang kuil ini dan peran pentingnya dalam sejarah Athena.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)
pixels