Temuan Palu Thor Diklaim Ilmuwan sebagai Jimat Sakti Bangsa Viking

Minggu, 30 Juni 2024 - 21:45 WIB
loading...
Temuan Palu Thor Diklaim Ilmuwan sebagai Jimat Sakti Bangsa Viking
Temuan Palu Thor. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
OTTAWA - Penemuan palu Thor di Islandia merupakan penemuan menarik yang memberikan wawasan tentang kepercayaan dan praktik keagamaan orang Viking. Jimat ini kemungkinan dipakai sebagai jimat pelindung atau simbol status oleh pemiliknya.



Palu ini merupakan Jimat batu sabun yang menyerupai palu Thor adalah artefak paling menonjol yang ditemukan. Palu Thor adalah simbol yang kuat yang terkait dengan dewa Norse Thor, dan penemuan ini menunjukkan kemungkinan bahwa pemiliknya adalah penganut kepercayaan paganisme Norse.

Penemuan ini terjadi di sebuah pertanian era Viking di lembah Þjórsárdalur, Islandia selatan. Lokasi ini menunjukkan bahwa pemukiman Viking mungkin tersebar lebih luas di wilayah ini daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Para arkeolog memperkirakan bahwa situs tersebut berusia sekitar 900 tahun, yang menempatkannya pada periode Viking Akhir.

Selain palu Thor, penemuan lain di situs ini termasuk batu asah, beliung besi, gesper, batu fondasi kabin, abu, tulang yang terbakar, dan bukti pengerjaan besi awal.

Artefak-artefak ini memberikan petunjuk tentang kehidupan sehari-hari dan kegiatan orang-orang Viking yang tinggal di sana.

Fakta bahwa Islandia tidak memiliki cadangan bijih besi menunjukkan bahwa orang-orang Viking yang tinggal di Bergsstaðir kemungkinan besar memperoleh besi mereka dari perdagangan atau melalui serangan.

Secara keseluruhan, penemuan di Bergsstaðir menawarkan gambaran sekilas tentang kehidupan dan budaya Viking di Islandia. Palu Thor yang ikonik dan artefak lain yang ditemukan di situs tersebut memberikan informasi berharga tentang kepercayaan, praktik, dan mata pencaharian mereka. Penemuan ini kemungkinan akan terus diteliti dan dipelajari di tahun-tahun mendatang.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)
pixels