Arus Atlantik Melemah, Ilmuwan Ungkap Kondisi Berbahaya di Laut

Senin, 01 Juli 2024 - 07:19 WIB
loading...
Arus Atlantik Melemah, Ilmuwan Ungkap Kondisi Berbahaya di Laut
Arus Atlantik Melemah. IFL Science
A A A
LONDON - Arus Sirkulasi Meridional Atlantik (AMOC) memang sedang melemah, dan para ilmuwan memperingatkan bahwa hal ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi iklim global.


AMOC sering disebut sebagai "ban berjalan lautan" karena membawa air hangat dari daerah tropis ke utara ke Atlantik Utara. Arus ini memainkan peran penting dalam mendistribusikan panas di seluruh planet, dan membantu menjinakkan iklim di banyak bagian Eropa dan Amerika Utara.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa AMOC telah melemah pada tingkat yang mengkhawatirkan dalam beberapa dekade terakhir. Hal ini dikaitkan dengan sejumlah faktor, termasuk:

Peningkatan air tawar dari mencairnya gletser dan lapisan es: Air tawar lebih ringan dari air asin, sehingga tidak mudah tenggelam, yang mengganggu proses pencampuran dan perputaran AMOC.

Saat lautan menghangat, mereka mengembang. Hal ini dapat membuat lebih sulit bagi air laut dalam yang dingin dan padat untuk naik ke permukaan, yang juga memperlambat AMOC.

Suhu yang lebih dingin di Eropa dan Amerika Utara: Tanpa AMOC untuk membawa air hangat ke utara, wilayah-wilayah ini kemungkinan akan mengalami musim dingin yang lebih dingin dan musim panas yang lebih pendek.

AMOC juga membantu mengatur pola curah hujan di seluruh dunia. Pelemahannya dapat menyebabkan kekeringan di beberapa daerah dan peningkatan curah hujan di daerah lain.

AMOC membantu menjaga agar lapisan es laut Antartika tetap stabil. Pelemahannya dapat menyebabkan lapisan es mencair lebih cepat, yang berkontribusi pada kenaikan permukaan laut.

Penting untuk dicatat bahwa masih banyak yang belum kita ketahui tentang AMOC dan dampak potensinya terhadap iklim. Para ilmuwan terus mempelajari arus ini dan bekerja untuk memprediksi masa depannya.

Meskipun ketidakpastian ini, jelas bahwa pelemahan AMOC adalah masalah serius yang perlu ditanggapi. Dengan mengurangi emisi gas rumah kaca dan memerangi perubahan iklim, kita dapat membantu menstabilkan AMOC dan mengurangi risiko konsekuensi negatifnya.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)
pixels