Spesifikasi AG600, Pesawat Amfibi Terbesar Dunia Buatan China

Jum'at, 26 Juli 2024 - 08:06 WIB
loading...
Spesifikasi AG600, Pesawat...
Pesawat amfibi AG600 sangat penting bagi China karena dapat mencapai Laut China Selatan dalam waktu empat jam dari Hainan. Foto/CGTN
A A A
CHINA - Industri dirgantara China melaju pesat dengan produksi terbaru pesawat amfibi terbesar di dunia. Desain dan kemampuan unik pesawat ini semakin menambah kekuatan China di laut dan udara.

Pesawat amfibi terbesar buatan China tersebut diberi nama AG600 dan telah memulai pengujian sertifikasi penerbangan. Pesawat AG600 , yang dikembangkan oleh Aviation Industry Corporation of China (AVIC), dirancang terutama untuk patroli maritim dan operasi pencarian dan penyelamatan.

Menurut AVIC, pesawat ini sangat penting bagi China karena dapat mencapai lokasi mana pun di Laut China Selatan dalam waktu empat jam dari Hainan. Rencana tersebut juga mencakup pengangkutan kargo atau penumpang antar pulau yang dikuasai China.

Menurut kantor berita negara CGTN, Pusat Sertifikasi Kelayakan Udara dari Administrasi Penerbangan China mengeluarkan Otorisasi Inspeksi Tipe (TIA) untuk model pertama dari keluarga pesawat amfibi besar AG600. Konfigurasi, kondisi, dan kinerja kelayakan udara dan keselamatan yang diharapkan dari pesawat tersebut telah memenuhi persyaratan TIA. Sebelum menerima TIA, empat pesawat dengan AG600 dikirim untuk melakukan uji terbang kepatuhan kelayakan udara.


Spesifikasi AG600


Pesawat amfibi seri AG600 memiliki konfigurasi unik yang terdiri dari badan atas berbentuk pesawat terintegrasi dan badan bawah berbentuk kapal. Menurut AVIC, keluarga pesawat amfibi ini adalah pesawat sipil khusus berukuran besar pertama yang dikembangkan secara mandiri oleh China. Ini disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pemadaman kebakaran hutan, penyelamatan maritim, dan misi penyelamatan darurat lainnya.

Pengembang mengatakan pesawat ini sedang dikembangkan dengan fokus pada kemampuan amfibi, fleksibilitas di berbagai model, dan pengembangan serial. Seri pesawat ini dapat dilengkapi dengan peralatan dan fasilitas untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna di bidang seperti pemantauan lingkungan laut, deteksi sumber daya, dan transportasi penumpang dan kargo.

Demonstrator teknologi AG600 menyelesaikan penerbangan perdananya pada tahun 2017, lepas landas pertama dari waduk pada tahun 2018, dan penerbangan perdananya di atas laut pada tahun 2020.

AVIC mengatakan pengembangan jenis keluarga pesawat amfibi besar ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan dan tingkat produk aeronautika sipil buatan dalam negeri China serta mendorong pengembangan lompatan sistem peralatan aeronautika penyelamatan darurat China.


Teknologi Modern


Desain AG600 adalah bagian dari tujuan China untuk meningkatkan kemampuan penerbangannya dengan pesawat buatan dalam negeri, termasuk pesawat angkut Y-20 dan jet penumpang C919. Upaya ini merupakan bagian dari rencana untuk memodernisasi produksi pada tahun 2027. AG600 sangat penting untuk mencapai pangkalan China di Laut Cina Selatan.

Menurut South China Morning Post (SCMP), kepala AVIC Qu Jingwen mengatakan AG600 dapat lepas landas dan mendarat di laut dengan gelombang hingga 2 meter dan melayang selama dua jam. Media pemerintah juga mencatat perannya dalam meningkatkan keselamatan navigasi di sepanjang Jalur Sutra Maritim, bagian dari Inisiatif Sabuk dan Jalan China.

Xinhua melaporkan bahwa keluarga pesawat amfibi AG600 sedang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan penyelamatan darurat China, termasuk pemadaman kebakaran dan pencarian dan penyelamatan maritim di berbagai medan. AG600 menggunakan mesin turboprop WJ-6 berdasarkan seri AI-20 Soviet dari tahun 1950-an.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)