Canggih! Alat Pelacak Nyamuk Buatan Israel, Anti Kabur

Senin, 05 Agustus 2024 - 19:00 WIB
loading...
Canggih! Alat Pelacak...
Perusahaan startup asal Israel, Bzigo menciptakan alat pelacak nyamuk bernama Iris. Foto/New Atlas
A A A
JAKARTA - Nyamuk ahli dalam menghindar saat berada di dalam ruangan. Sebuah alat pelacak nyamuk anti kabur pun dibuat.

Alat pelacak nyamuk bernama Iris dibuat oleh startup Israel , Bzigo. Pengembangannya dimulai pada 2020 dalam bentuk prototipe. Kini, perangkat ini sekarang sudah tersedia secara komersial.

New Atlas melansir, Senin (5/8/2024) keunggulan Iris menggunakan kamera sudut lebar dan perangkat lunak visi komputer untuk terus memindai ruangan yang menjadi tempat terbang nyamuk. Terdapat pula array LED inframerah yang membuat perangkat ini bisa memindai dalam gelap.



Kecerdasan buatan yang ditanamkan di Iris membuatnya tidak terkecoh oleh jenis serangga terbang kecil lainnya seperti ngengat, atau oleh partikel debu di udara. Setiap kali nyamuk terdeteksi, Iris melacak posisinya sampai mendarat.

Perangkat ini kemudian menandai lokasi tersebut dengan penunjuk laser merah yang aman untuk mata. Prosesnya juga memberi tahu pengguna secara nirkabel melalui aplikasi iOS/Android di ponsel. Jika lebih dari satu nyamuk terdeteksi sekaligus, Iris akan menggerakkan penunjuknya bolak-balik antara semua lokasi mereka.



Selain itu, Iris dapat dipasang di beberapa ruangan yang terhubung dengan satu ponsel. Setelah peringatan ada nyamuk dikeluarkan, pengguna bisa menindaklanjutinya.

Iris saat ini dijual di situs web perusahaan Bzigo dengan harga 339 dollar AS atau senilai Rp 6,4 juta.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2270 seconds (0.1#10.140)