Simbol Sentuhan Buddha terhadap Bangsa Yunani Terkuak

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 08:51 WIB
loading...
Simbol Sentuhan Buddha...
Sentuhan Buddha terhadap Bangsa Yunani. FOTO/ DAILY
A A A
ROMA - Perpaduan budaya antara Yunani dan Buddha selama periode Helenistik adalah contoh menarik dari interaksi budaya yang mendalam dan kompleks.



Peristiwa ini terutama didorong oleh penaklukan Alexander Agung dan pengaruh yang ditinggalkannya di wilayah yang sekarang menjadi bagian dari Afghanistan dan Pakistan.

Seperti dilansir dari The Archaeologist, pada abad ke-4 SM, Alexander Agung, raja Makedonia, menaklukkan wilayah yang luas dari Yunani ke Persia dan hingga ke India utara. Ekspansinya menciptakan jembatan antara budaya Helenistik dan Timur.

Setelah kematian Alexander pada tahun 323 SM, wilayah yang ditaklukkan dibagi di antara jenderalnya, menciptakan kerajaan-kerajaan Helenistik seperti Kekaisaran Seleukus dan Kerajaan Baktria. Wilayah-wilayah ini menjadi titik pertemuan antara budaya Yunani dan tradisi lokal.

Salah satu dampak paling mencolok dari interaksi ini adalah dalam seni. Di wilayah Gandhara (sekarang bagian dari Pakistan dan Afghanistan), seni pahat Buddha dipengaruhi oleh teknik dan estetika Yunani.

Patung Buddha yang ditemukan di Gandhara sering kali menunjukkan pengaruh gaya Helenistik, termasuk penggunaan draperi dan representasi fisik Buddha dalam bentuk manusia, yang berbeda dari representasi tradisional yang lebih simbolis.

Pertukaran filosofi antara Yunani dan Buddha juga signifikan. Filsafat Yunani, terutama Stoikisme dan Epikureanisme, berinteraksi dengan ajaran Buddha, memperkaya interpretasi doktrin Buddha dengan perspektif logika dan metafisika Helenistik.

Pertukaran ide dan praktik religius antara tradisi Buddha dan Yunani menghasilkan bentuk-bentuk keagamaan yang baru, termasuk pengaruh Yunani dalam struktur biara dan stupa Buddha di wilayah tersebut.

Situs-situs seperti Sirkap dan Taxila di Gandhara, serta wilayah Baktria, menunjukkan percampuran budaya ini melalui arsitektur, patung, dan seni. Stupa dan biara di wilayah ini sering menampilkan campuran elemen Yunani dan Buddhis.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)