Pesawat Tersambar Petir saat Terbang, Seluruh Penumpang Selamat

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 20:00 WIB
loading...
Pesawat Tersambar Petir...
Petir menyambar pesawat komersil saat terbang dari Salt Lake City ke Las Vegas. Foto/Scientific American
A A A
AMERIKA - Petir tak pandang bulu menyambar apa saja yang ada di jalurnya. Seperti yang dialami pesawat penumpang saat terbang dari Salt Lake City ke Las Vegas pada hari Jumat lalu.

Beruntung pesawat tak sampai hancur dan hanya mengalami turbulensi saja. Pilot berhasil mendaratkan pesawat kembali dan seluruh penumpang selamat.

"Saya pikir tidak ada yang menyadari apa yang telah terjadi, namun, kami pasti merasakan apa yang saya gambarkan sebagai turbulensi yang cukup keras," kata Direktur Komunikasi dan Hubungan Pemerintah Departemen Koreksi Utah, Glen Mills, yang berada di dalam pesawat. "Ternyata itu adalah sambaran petir."

Laman KTVX melaporkan, penerbangan tersebut awalnya mengalami penundaan satu jam, tetapi setelah penumpang naik pesawat dan lepas landas, terjadi sesuatu yang lebih mengkhawatirkan.

Mills mengatakan penerbangan tersebut dialihkan kembali ke Salt Lake City. Setelah beberapa waktu di udara, Mills mengatakan badai berlalu dan pilot dapat mendarat dengan selamat.


Apa yang terjadi jika pesawat tersambar petir?


Edward J. Rupke, insinyur senior di Lightning Technologies, Inc. (LTI) di Pittsfield, Mass., mengatakan rata-rata, setiap pesawat di maskapai AS terkena sambaran petir secara ringan lebih dari sekali setiap tahun. Bahkan, pesawat sering memicu petir ketika terbang melalui daerah awan yang bermuatan listrik.

Dalam kasus ini, kilat petir berasal dari pesawat dan menjalar ke arah yang berlawanan. Meskipun pencatatan catatan tidak memadai, pesawat bisnis kecil dan pesawat pribadi dianggap lebih jarang terkena petir karena ukurannya yang kecil dan karena seringkali dapat menghindari cuaca yang mendukung terjadinya sambaran petir.

Dilansir dari Scientific American, kecelakaan pesawat komersial terakhir di AS yang secara langsung disebabkan oleh petir terjadi pada 1967, ketika petir menyebabkan ledakan tangki bahan bakar. Sejak saat itu, banyak hal telah dipelajari tentang bagaimana petir dapat mempengaruhi pesawat. Sebagai hasilnya, teknik perlindungan telah berkembang. Saat ini, pesawat menjalani serangkaian tes sertifikasi petir yang ketat untuk memverifikasi keamanan desainnya.

Meskipun penumpang dan kru mungkin melihat kilatan dan mendengar suara keras jika pesawat disambar petir, tidak ada yang serius yang terjadi berkat perlindungan petir yang dirancang dengan cermat pada pesawat dan komponen sensitifnya.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)