Jangan Salah, Ini Perbedaan Rudal Balistik dan Rudal Jelajah

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 08:00 WIB
loading...
A A A


Setelah perang, AS, dengan bantuan teknologi dan ilmuwan Jerman yang direbut, membangun persenjataannya sendiri yang terdiri dari rudal balistik antarbenua (ICBM) yang jauh lebih kuat yang mampu melepaskan penghancuran nuklir terhadap target di sisi lain dunia. Negara yang memiliki rudal balistik antarbenua yang beroperasi adalah Rusia, Amerika Serikat, China, Prancis, India, Korea Utara, dan Inggris.

Rudal balistik dan rudal jelajah sangat berbeda satu sama lain. Rudal jelajah sebagian besar terbang dengan tenaga penggerak sendiri, terbang dalam garis yang relatif lurus dan pada ketinggian yang lebih rendah karena propelan roket. Sebaliknya, lintasan terbang rudal balistik seperti busur besar yang naik dan turun lagi.

Rudal balistik mengikuti "jalur penerbangan balistik", yang sering kali mencakup perjalanan sepanjang busur yang panjang, sedangkan rudal jelajah cenderung mengikuti lintasan yang lebih lurus dan lebih rendah. Cara mudah lainnya (meskipun tidak terlalu tepat) untuk memahaminya, yaitu rudal balistik lebih mirip roket, sedangkan rudal jelajah lebih mirip pesawat terbang atau drone.

Rudal balistik didorong ke udara oleh motor roket, atau sering kali (seperti halnya ICBM) motor roket bertingkat. ICBM memiliki kemiripan yang mencolok dengan roket yang membawa astronot ke luar angkasa karena alasan yang tepat, selain muatan yang dibawa platform ini, keduanya secara mekanis sangat mirip.

Tidak seperti lintasan lengkung panjang rudal balistik, rudal jelajah bergerak pada ketinggian yang lebih rendah dan pada lintasan yang jauh lebih lurus. Simpelnya, menganggap rudal jelajah sebagai semacam pesawat tanpa awak yang terbang sendiri ke sasaran yang dituju dan kemudian menabraknya.

Rudal jelajah yang paling sering dibahas dalam penggunaan modern adalah Tomahawk, yang telah menjadi senjata pilihan Amerika Serikat untuk menyerang sasaran pada jarak yang cukup jauh tanpa mengerahkan pasukan ke suatu konflik.

Rudal jelajah tidak meninggalkan atmosfer pada titik manapun selama penerbangannya, dan juga tidak terbang tanpa tenaga dalam durasi yang signifikan. Alih-alih menggunakan mesin roket, rudal jelajah ditenagai oleh turbofan seperti kebanyakan pesawat taktis, dan paling sering, bahkan memiliki sayap yang mengembang setelah diluncurkan.

Beberapa rudal jelajah bahkan dapat diarahkan ke sasarannya oleh operator jarak jauh menggunakan kamera di hidung senjata, sekali lagi, tidak seperti mengemudikan pesawat tanpa awak atau UAV.

Rudal jelajah modern dikenal karena jangkauannya dan akurasinya yang sangat baik. Faktanya, aturan umum mengenai senjata ini dapat terbang sejauh 1.609 kilometer dan mengenai target seukuran garasi mobil.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)