10 Bahasa Rahasia Pilot yang Sering Diucapkan saat Penerbangan

Senin, 26 Agustus 2024 - 09:54 WIB
loading...
A A A
4. “It’s 17:00 Zulu time”

Karena pilot dapat melewati beberapa zona waktu dalam satu perjalanan dan harus berkomunikasi dengan ATC dari seluruh dunia, pilot mengacu pada “waktu Zulu,” atau Greenwich Mean Time (GMT), zona waktu universal di aviasi.Paket liburan terbaik

5. “George is flying the plane now”

“George is flying the plane now” atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “George sedang menerbangkan pesawat saat ini” adalah istilah rahasia pilot untuk sistem autopilot yang sedang bekerja. Biasanya, pilot mengaktifkan sistem autopilot saat di ketinggian 30-37 ribu kaki.

6. “We’re flying through an air pocket”

Frasa tersebut dipakai pilot untuk menginformasikan ke kru kabin akan adanya turbulensi di depan. Air pocket atau kantung udara dianggap lebih halus untuk memperingatkan adanya bahaya tanpa menimbulkan kekhawatiran bagi penumpang.

7. “Pilot English”

Pilot sering mengungkapkan “Pilot English” untuk menghindari miskomunikasi melalui transmisi radio. Dengan begitu, “Tree” for misalnya, itu berarti tiga, “fife” berarti lima, dan “niner” berarti sembilan. Ini dilakukan untuk menghindari kebingungan antara nomor yang terdengar serupa dengan kata lain.

8. “Pass the crew juice”

Setelah perjalanan panjang, kru perlu bersantai sambil menyesuaikan diri dengan zona waktu yang sepenuhnya berbeda. Karenanya, mereka perlu “jus” atau koktail atau minuman beralkohol yang tersisa dalam penerbangan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)