10 Bahasa Rahasia Pilot yang Sering Diucapkan saat Penerbangan

Senin, 26 Agustus 2024 - 09:54 WIB
loading...
10 Bahasa Rahasia Pilot...
Bahasa Rahasia yang digunakan pilot. FOTO/ AFI
A A A
BOSTON - Bahasa rahasia pilot, atau kode komunikasi yang digunakan dalam penerbangan, sering kali melibatkan jargon dan istilah khusus untuk memastikan komunikasi yang jelas dan efisien.

BACA JUGA - Industri Penerbangan AS Minta Biden Larang Penerbangan Tambahan ke China

Selain, kode squawk, pilot juga memiliki kode-kode lain dalam bentuk bahasa yang sepertinya hanya kalangan mereka saja yang mengerti.

Sebenarnya, tidak ada bahasa rahasia yang digunakan oleh pilot secara umum. Komunikasi antara pilot dan petugas kontrol lalu lintas udara (ATC) menggunakan bahasa Inggris standar internasional. Ini memastikan keseragaman dan keamanan dalam komunikasi penerbangan di seluruh dunia.

Meskipun tidak ada bahasa rahasia khusus, pilot mungkin menggunakan beberapa istilah atau kode penerbangan yang hanya dipahami oleh sesama pilot atau petugas ATC. Namun, ini bukan bahasa rahasia dalam arti sebenarnya, melainkan istilah-istilah teknis yang digunakan untuk efisiensi dan kejelasan dalam komunikasi.

Tercatat, setidaknya ada 10 bahasa rahasia pilot yang sering dijumpa seperti dilansir time


1. “Let’s kick the tires and light the fires”

Kalimat ini pertama kali tercetus dari lisan Harry Connick Jr. di momen Independence Day. Menurut, Mark Baker, seorang pilot pesawat komersial berusia 35 tahun sekaligus presiden Aircraft Owners and Pilots Association (AOPA) saat ini, frasa atau bahasa rahasia tersebut menandakan bahwa sebuah pesawat hampir siap lepas landas.

2. “Deadhead crew”

Istilah deadhead crew mungkin terdengar nyeleneh. Tetapi, faktanya tidak seburuk itu. Deadhead crew maksudnya adalah kru pesawat yang tidak bertugas tetapi ikut dalam penerbangan komersial sebagai penumpang. Biasanya, deadhead crew hendak kembali ke homebase atau pangkalan kru maskapai tersebut.

3. “There’s a pilot in the jumpseat”

Deadhead crew biasanya diusahakan sedemikian rupa agar bisa ikut dalam penerbangan. Jika kabin penumpang penuh, maka, maskapai akan menyiapkan kursi lipat tambahan di kokpit yang dikenal sebagai jumpseat. Jumpseat biasanya disediakan untuk inspektur FAA atau untuk deadhead crew.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)