Misteri Cappadocia, Dunia Tersembunyi Bawah Tanah hingga Mitos Alien

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 18:05 WIB
loading...
Misteri Cappadocia,...
Keindahan alam Cappadocia sungguh memanjakan mata. Foto/TRT World
A A A
TURKI - Meski nun jauh di sana, namun sihir Cappadocia telah sampai ke Indonesia. Banyak wisatawan tanah air terpesona dengan keindahannya hingga tertarik berpelesir ke sana. Di balik keajaiban Cappadocia muncul banyak kisah di antaranya tentang alien dan beragam legenda lainnya.

Terlepas dari sejarah panjang dan misteri di baliknya, keindahan alam Cappadocia sungguh memanjakan mata. Ketika matahari terbit, balon udara melayang di atas lanskapnya, dihiasi dengan lembah-lembah dan cerobong peri yang dipahat ke dalam batu vulkanik selama ribuan tahun oleh kekuatan alam. Namun, di bawah tanah gersang ini, sebuah keajaiban berkelok-kelok membentuk jaringan kota-kota tersembunyi yang rumit.

Di permukiman bawah tanah ini, beberapa di antaranya mencakup seluruh desa, terdapat gudang, lumbung, sekolah, dan gereja dengan luas hingga 400 meter persegi. Mereka ditinggalkan sejak lama.

Lantas mengapa penduduk kuno Cappadocia hidup di bawah tanah? Sejarawan dan arkeolog telah lama memperdebatkan pertanyaan ini dan berupaya menghilangkan mitos serta legenda dari kisah asal mula tempat ini.

Misteri Cappadocia, Dunia Tersembunyi Bawah Tanah hingga Mitos Alien


Beberapa teori menunjukkan penduduk setempat membangun kota-kota bawah tanah ini untuk menghindari bencana alam dari zaman es terakhir dan mereka tinggal di sana selama berabad-abad tanpa muncul ke permukaan. Ada ide yang lebih aneh, seperti alien yang turun untuk membangunnya.

"Masih banyak ketidakpastian seputar kota-kota ini, meskipun sejarahnya panjang," kata Dr. Veronica Kalas, sejarawan dan arkeolog yang telah melakukan penelitian ekstensif di wilayah tersebut dilansir dari TRT World.



Menurut Obruk Cave Research Group, yang bekerja bersama otoritas lokal untuk memetakan struktur bawah tanah ini, total 257 permukiman bawah tanah telah ditemukan di Cappadocia. Banyak lagi yang belum digali, terutama di sekitar provinsi Nevsehir.

Ali Yamac, seorang speleolog dengan Obruk, mencatat tempat tinggal ini kemungkinan dimulai sebagai tempat perlindungan khusus keluarga sebelum berubah menjadi kota-kota yang luas.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)