12 Meteorit Paling Unik yang Pernah Ditemukan di Dunia

Kamis, 19 September 2024 - 21:05 WIB
loading...
A A A
Meteorit tersebut adalah potongan basalt vulkanik, diperkirakan berusia 3,3 miliar tahun, tetapi terlihat segar seperti aliran lava baru-baru ini. Meteorit bulan seperti ini memberikan para ilmuwan akses langsung ke material dari Bulan, menawarkan wawasan berharga tentang sejarah geologisnya dan proses-proses yang telah membentuk permukaannya. Kelangkaan meteorit bulan dan kesulitan perjalanannya ke Bumi menjadikan spesimen ini salah satu meteorit paling unik yang pernah ditemukan.


11. Meteorit Mars (Mesir, 1911)


Meteorit Nakhla, ditemukan di Mesir pada tahun 1911, adalah salah satu meteorit Mars yang paling terkenal yang pernah ditemukan. Meteorit ini diyakini berasal dari Mars dan terlempar ke luar angkasa selama dampak meteor sebelum akhirnya mendarat di Bumi.

Yang membuat Meteorit Nakhla unik adalah hubungannya dengan kisah seekor anjing yang diduga terbunuh oleh jatuhnya meteorit, meskipun kisah ini tetap tidak diverifikasi. Komposisi meteorit, yang termasuk mineral dan gas yang unik untuk Mars, memberikan informasi berharga tentang sejarah geologi planet dan potensi kehidupan.

Meteorit Nakhla adalah salah satu meteorit Mars tertua, diperkirakan berusia sekitar 1,3 miliar tahun, dan penemuannya telah memberikan kontribusi signifikan pada pemahaman kita tentang Planet Merah.

12. Meteorit Cranbourne (Australia, 1860)


Meteorit Cranbourne ditemukan di Victoria, pada tahun 1860, adalah salah satu meteorit besi terbesar yang pernah ditemukan. Meteorit ini dikenal oleh penduduk asli daerah tersebut jauh sebelum pemukim Eropa mengenali signifikansinya.

Sifat logam unik meteorit, termasuk kemampuannya menghasilkan suara logam ketika dipukul, menjadikannya objek yang menarik bagi penduduk asli maupun pemukim awal. Meteorit Cranbourne akhirnya diakui sebagai meteorit oleh seorang ahli geologi amatir, dan penemuannya menjadikannya sensasi internasional.

Pada saat itu, itu adalah meteorit besi terbesar di dunia, dan fragmen-fragmennya terus ditemukan selama beberapa dekade.
(msf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)