Sungai Amazon Surut, Seekor Lumba-lumba Mati

Sabtu, 28 September 2024 - 23:00 WIB
loading...
A A A


Warga Danau Tefe Francisco Alvaro Santos mengatakan ini adalah pertama kalinya rumah apungnya keluar dari air. "Air adalah segalanya bagi kami. Ini adalah bagian dari kehidupan sehari-hari kami, sarana transportasi bagi semua orang yang tinggal di sini. Tanpa air kami bukan siapa-siapa!" kata Santos.

Kekeringan Terburuk Sepanjang Masa

Kekeringan terburuk yang pernah tercatat telah menurunkan permukaan air sungai-sungai di cekungan Amazon ke level terendah sepanjang sejarah, dalam beberapa kasus mengeringkan dasar sungai yang sebelumnya merupakan jalur air yang dapat dilayari.

Solimoes, salah satu anak sungai utama Sungai Amazon yang airnya berasal dari Andes Peru, telah turun ke tingkat terendah yang pernah tercatat di Tabatinga, kota Brasil di perbatasan dengan Kolombia. Di hilir di Tefe, sebuah cabang Solimoes telah mengering sepenuhnya.

Danau Tefe terdekat, tempat lebih dari 200 lumba-lumba air tawar mati dalam kekeringan tahun lalu, juga telah mengering, membuat mamalia merah muda yang terancam punah kehilangan habitat favoritnya.

"Kita sedang mengalami tahun yang kritis. Tahun ini, beberapa bulan telah memecahkan rekor tahun lalu," kata juru bicara Greenpeace Romulo Batista, menunjuk ke tempat dasar sungai cabang Solimoes telah berubah menjadi gundukan pasir.

Tahun kedua kekeringan kritis berturut-turut telah mengeringkan sebagian besar vegetasi Brasil dan menyebabkan kebakaran hutan di seluruh negara Amerika Selatan, menutupi kota-kota dengan awan asap.

"Perubahan iklim bukan lagi sesuatu yang perlu dikhawatirkan di masa depan, 10 atau 20 tahun dari sekarang. Ini ada di sini dan ini ada di sini dengan kekuatan yang jauh lebih besar dari yang kita harapkan," kata Batista.

Solimoes di Tabatinga diukur pada 4,25 meter di bawah rata-rata untuk paruh pertama September. Di Tefe, sungai itu 2,92 meter di bawah tingkat rata-rata untuk dua minggu yang sama tahun lalu dan diperkirakan akan turun lebih jauh ke level terendah sepanjang masa.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1949 seconds (0.1#10.140)