Belanda Kembalikan Ratusan Harta Karun yang Dijarah ke Indonesia

Senin, 30 September 2024 - 08:10 WIB
loading...
Belanda Kembalikan Ratusan...
Banyak benda bersejarah yang dijarah Belanda saat perang Puputan Badung. Foto/AFP
A A A
JAKARTA - Ratusan harta karun berupa patung, senjata, koin, perhiasan, dan tekstil yang dirampas selama era penjajahan Belanda akhirnya dikembalikan ke Indonesia. Mayoritas benda-benda ini diambil secara paksa dari Jawa Timur dan periode perang Puputan Badung di Bali .

Smithsonian.mag mencatat, Senin (30/9/2024) total terdapat 288 artefak yang dikembalikan. Namun tentang teknis pengembaliannya tidak disebutkan. "Objek-objek ini seharusnya tidak pernah ada di sini," kata Eppo Bruins, menteri pendidikan, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan Belanda, menurut Dutch News.

"Ada penjarahan yang terjadi pada masa kolonial dan jenis kehilangan objek budaya yang tidak disengaja lainnya. Ini adalah masalah keadilan material untuk mengembalikannya."

Upacara 20 September di Museum Dunia di Amsterdam menandai kedua kalinya Belanda mengembalikan artefak yang dicuri ke bekas koloninya sejak 2020, ketika Komite Koleksi Kolonial mengeluarkan laporan yang menyarankan negara tersebut untuk melakukannya. Repatriasi pertama terjadi pada Juli 2023, ketika pemerintah Belanda mengembalikan 478 objek ke Indonesia dan Sri Lanka.



Menurut sebuah pernyataan, harta karun artefak yang baru dikembalikan termasuk empat patung Hindu-Buddha. Salah satu karya, mirip dewa Ganesha, dikirim ke Belanda dari Jawa Timur pada tahun 1843 atas perintah seorang administrator kolonial. Tiga lainnya, yang menggambarkan dewa Bhairava, Nandi, dan Brahma, diambil dari Singasari, kompleks candi abad ke-13 di Jawa Timur, pada pertengahan abad ke-19.

Tetapi sebagian besar barang yang dipulangkan datang ke Belanda setelah perang tahun 1906 di Bali selatan, di mana militer Belanda menyerang kerajaan Badung dan Tabanan.

"Sekitar 1.000 orang Bali tewas, sementara Belanda kehilangan empat orang," tulis Catherine Hickley dari Art Newspaper. "Seminggu kemudian, di kerajaan Tabanan, tentara Belanda menyerang istana dan menangkap raja, yang bersama putra mahkota, meninggal malam itu."



Laporan yang dikeluarkan Komite Koleksi Kolonial membagi objek-objek tersebut menjadi beberapa kategori. Yaitu "rampasan resmi" seperti barang-barang milik raja-raja Bali yang digulingkan, koin dan senjata yang disita, dan artefak dari kepemilikan pribadi seorang seniman Belanda yang membeli atau memperoleh barang-barang terkait dengan konflik tahun 1906. Pemerintah Indonesia secara resmi meminta pengembalian objek-objek yang bernilai budaya ini, yang secara kolektif dikenal sebagai Koleksi Puputan Badung pada September lalu.

Menurut pernyataan tersebut, komite saat ini sedang menyiapkan rekomendasi untuk permintaan repatriasi tambahan dari Nigeria, Sri Lanka, India, dan Indonesia.

Sementara beberapa kritikus repatriasi telah menyuarakan kekhawatiran tentang bagaimana negara-negara yang lebih miskin akan merawat artefak yang dikembalikan, Marieke van Bommel, direktur jenderal Museum Nasional Kebudayaan Dunia, mengatakan kepada Lynsey Chutel dari New York Times bahwa pencuri tidak dapat memberi tahu pemilik yang sah apa yang harus dilakukan dengan properti mereka.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)